APA RESEP LULUS JADI KEPALA SEKOLAH? “HARUS BERDUIT” Loh...

Penulis: Medina Siti Almunawaroh, M.Pd.

Dibaca: 723 kali

Medina Siti Almunawaroh, M.Pd.

Oleh Medina Siti Almunawaroh, M.Pd.

(Kepala SMAN 18 Kota Bekasi)



Menyoal Rekruitment Kepala sekolah SMA/SMK/SLB di lingkungan Disdik Provinsi Jawa Barat tahun 2020/2021 kemarin, sungguh sangat menarik untuk didiskusikan. Bagaimana tidak, penyelenggaraannya menggunakan aplikasi SICAKAP pada E-RK, sebuah aplikasi untuk mengetahui prestasi kerja dan capaian kinerja bagi semua ASN khususnya di lingkungan Prov. Jabar. Seleksi ini mirip-mirip dengan ajang pencarian Bakat atau Idola semisal acara Indonesian Idol, Rising Star atau Akademi Dangdut dan lainnya. Seleksi BCKS (Bakal Calon Kepala Sekolah) lebih seru dari acara- acara serial TV yang nemiliki rating tinggi ataupun serial drama Korea yang digilai para emak dan remaja. Dulu itu hanya ada di acara TV lho, nah vote juga jadi salah satu tahapan yang harus dilewati oleh para BCKS.

Merujuk pada pedoman penyusunan dan seleksi administrasi BCKS  SMA/SMK/SLB Negeri di Lingkungan Disdik Jabar tahun 2020 yang dikeluarkan GTK, dengan 19 Dasar Hukum dari UU 20 Tahun 2003 sampai dengan Pergub Jabar No. 53 Tahun 2020 maka proses rekrutmen CKS DALAM PENGUSULAN BCKS sebagai berikut: Pengusulan BCKS, seleksi administrasi, seleksi substansi, Diklat Calon KS, dan bila lulus diklat, CKS memiliki STTPL sebagai Sim untuk mengelola sekolah.

Apa saja syarat yang dibutuhkan oleh seorang guru untuk bisa daftar sebagai BCKS? Tidak sulit dan mudah, di antaranya pedidikan S1/D 1V dari PT terakreditas minimal B, memiliki serdik, Berpangkat minimal Penata Gol. III/c. Berpengalaman mengajar minimal 6 tahun, SKP 2 tahun bernilai minimal B, Berpengalaman Manajerial 2 tahun, sehat jasmani/rohani, tidak sedang dalam indisipliner atau sanksi hukum, berkelakuan baik dan berusia maksimal 56 tahun pada saat pengangkatan.

Berikut tahapan yang harus dilalui oleh para Calon Kepala Sekolah SMA/SMK/SLB di Provinsi Jabar yang telah lulus diklat dan memiliki  STTPL , akan ada Pegangkatan oleh Tim Pertimbangan untuk ditempatkan di satuan pendidikan dengan Periodisasi per 4 tahun.

Pada proses seleksi administrasi terdiri dari verifikasi pemberkasan dengan cara semua persyaratan di-upload  di aplikasi SiCAKAPE_RK Jabar melalui Lamannya Kinerja.jabarprov.go.id/login dan Penskoran berkas, kemudian mengikuti Assesmen Komprehenshif Khas Jabar yaitu VoteGuru Potensial oleh Pengawas sekolah, KS, Guru, Orang Tua, komite dan siswa dan juga oleh Assesor. Jadi ibarat pepatah jangan sampai beli kucing dalam karung, siapapun bisa menilai CKS secara penilaian 360 derajat melalui Video durasi 2 menit di media You Tube yang disilang ke masing-masing KCD, karena tidak dibenarkan dinilai oleh KCD sendiri. Tuh kuerren kan? Selain itu ada juga Tes Problem Solving Ability selama 3 jam dan Kompetensi Perilaku 4 Jam.

Buat kamu, aku dan kita yang telanjur menyandang amanah sebagai ASN di lingkungan Disdik Jabar, wajib tahu  ya…. Yang unik dari seleksi BCKS ini apa sih? Disdik tidak main-main untuk dapat bibit unggul calon-calon KS yang berkualitas dan mumpuni, selain harus memiliki 5 kompetensi sebagai KS, juga harus BERDUIT lho...! Penasaran dan tidak percaya? Simak ya para ”BCKSers”.

Sedikit berbagi nih pengalaman saya untuk menjadi Kepala Sekolah, itu ternyata harus BERDUIT lho..., makin Penasaran kan? Berikut penjelasannya: Mengapa harus BERDUIT? Disimak ya:

1.         Ber Dedikasi (Huruf D ke 1):

Dedikasi adalah sebuah pengorbanan tenaga, pikiran, dan waktu demi keberhasilan suatu usaha yang bertujuan mulia. Orang yang berdedikasi adalah orang yang mengabdikan dirinya untuk melaksanakan cita-cita luhur dan mulia, sehingga diperlukan adanya suatu keyakinan yang teguh. Yakinlah para BCKSERS bahwa jika Anda ditakdirkan menjadi KS, pasti Allah akan mempermudah langkah Bapak dan Ibu.

2.         Ber Usaha(Huruf U yang kedua), artinya berikhtiar dengan sungguh-sungguh demi meraih apa yang diinginkan. Jangan lupa untuk tetap mensyukuri atas nikmat yang Alloh SWT berikan.

Salah satu usaha yang wajib dilakuan adalah selalu meningkatkan kompetensi keterampilan baik profesional, manajerial, sosial, kepribadian, maupun kewirausahaan semua calon Kepala Sekolah harus memiliki paket lengkap dari 5 kompetensi yang dipersyaratkan, karena setelah menjabat di lapangan tiap sekolah memiliki karakteristilk tersendiri. Terkadang sebagai decission maker harus berani mengambil keputusan yang cepat dan tepat serta harus dapat menganalisis risiko dari sebuah keputusan.

3.         BerIntegritas, (huruf yang ketiga) nah. Ini yang ketiga adalah integritas. Integritas diartikan sebagai suatu konsep berkaitan dengan konsistensi dalam tindakan, nilai, metode, ukuran, prinsip, ekspektasi dan berbagai hal yang dihasilkan. Seorang calon kepala sekolah harus memiliki itegritas yang tinggi yaitu memiliki pribadi jujur dan karakter yang kuat. Integritas merupakan salah satu atribut terpenting bagi seorang pemimpin. Seorang kepala sekolah adalah pemimpin di sekolahnya harus memiliki sikap yang teguh mempertahankan prinsip. Tidak mau berkorupsi waktu apalagi uang. Integritas sebagai dasar harus melekat pada diri seorang KS sebagai nilai moral.

Integritas juga bisa diartikan sebagai mutu, sifat atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan dan kejujuran.

4.         BerTalenta (huruf T yang keempat) artinya berbakat. Talenta adalah bakat yang dibawa sejak lahir, merupakan anugerah yang diberikan oleh Tuhan. Pada dasarnya setiap dari kita memiliki bakat. Bakat ini harus dilatih dan dikembangkan karena bisa hilang. Salah satu tahapan yang harus dilewati oleh para BCKS adalah Talent Mapping yaitu semacam tes bakat minat untuk menetapkan kemampuan para calon Kepala Sekolah. Ini adalah hal yang relatif baru di lingkungan Disdik Jabar. Dengan mengikuti Talent Mapping maka akan dengan mudah dipelajari bakat dan kemampuan dari para calon KS. Pada akhirnya hasil dari pemetaan II juga yang digunakan untuk menempatkan para calon Kepala Sekolah di sekolah yang tepat. 

Nah sudah jelaskan?

Dari proses rekrutmen yang panjang ini akhirnya terpilih 280 orang Guru BCKS SMA/SMK dan SLB akan mengikuti Seleksi Tes Substansi yang diselenggarakan oleh LP2KS Solo pada tanggal 11 sampai dengan 15 Januari 2021. Jika layak dan lolos bersiap-siap untuk mengikuti Diklat CKS oleh LP2KS PS atau LPD yang ditunjuk.

Ayo Bapak/Ibu CKS persiapkan diri Anda sebaik mungkin. Jika anda Berdedikasi, Berusaha, Berikhtiar dan Bertalenta, maka Andalah yang akan lolos dan jadi Kepala Sekolah berkualitas yang akan ikut andil dalam mewujudkan Pendidikan Jabar Juara Lahir Batin, Jabar Masagi.


Tag:
Nalar Lainnya
...
Dadan Supardan

Semangat Revitalisasi di Mata Angkie

Nalar Lainnya
...
ENDANG KOMARA

INDEPENDENSI ASN

...
Asep S. Muhtadi

Komunikasi Pembelajaran di Masa Pandemi

...
Prof. Dr Cecep Darmawan, S.Pd., S.IP., S.H.,M.H.,M.Si.

EKSISTING DAN PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DI JAWA BARAT

...
...
...