Bagaimana Cara Menemukan Passion bagi Diri Sendiri

Penulis: Ahmad Rusdiana

Dibaca: 161 kali

Ahmad Rusdiana

Oleh Ahmad Rusdiana

 

Menemukan atau mengidentifikasi passion bukanlah hal yang mudah. Bahkan, seringkali memakan waktu lama. Bahkan selama bertahun-tahun. Ada banyak kasus di mana orang tidak tahu gairah mereka sampai mereka hidup. Selain mendorong Anda untuk melakukan sesuatu dengan penuh semangat, kami juga membahas cara mengembangkannya. Jika Anda belum menemukan passion, jangan berkecil hati. Berikut cara menemukan passion yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.  Semua orang pasti akan lebih nyaman bekerja di bidang yang disukai. Melihat postingan teman di media sosial mendapatkan pekerjaan sesuai impiannya atau melakukan pekerjaan yang kebetulan adalah hobi mereka, dapat membuat kita ingin seperti mereka.

Ingatlah bahwa semua orang memiliki caranya masing-masing untuk menemukan passion­-nya dan perlu waktu yang tepat untuk menemukannya, jadi jangan berkecil hati! Anda bisa coba mulai menemukan passion Anda dan siapa tahu Anda bisa menemukan pekerjaan impian sekaligus. Ada beberapa cara untuk menemukan passion Anda, antara lain sbb.:

Pertama; Elaborasi Rasa Iri yang Muncul Rasa iri yang muncul pada diri seseorang tidak selalu negatif. Perasaan ini bisa dimanfaatkan sebagai motivasi atau salah satu cara menemukan passion bila Anda mengelaborasinya secara tepat. Menariknya, rasa iri bisa digunakan sebagai indikator untuk melihat kesuksesan orang lain dan melihat apa yang diri Anda inginkan dari kesuksesan orang lain tersebut.  Sebagai contoh, apakah Anda iri karena orang tersebut sering berpergian ke luar negeri karena pekerjaannya? Ataukah kesejahteraannya? Jam kerjanya yang fleksibel? Atau gaya berpakaiannya saat bekerja? Anda yang paling tahu jawabannya. Jangan lelah mencari. Coba temukan minimal tiga orang teman yang bisa membuat Anda iri karena pekerjaannya. Setelah menemukannya, cari tahu lebih dalam apa pekerjaan yang dilakukan, apa saja kualifikasi pekerjaan yang harus dimiliki, dan perkaya keterampilan Anda dari pekerjaan yang Anda inginkan tersebut.

Kedua Cari Tahu Sosok Panutan; Masih berkaitan dengan poin di atas, cara menemukan passion dalam karir bisa dibantu dengan menemukan role model atau panutan dalam hidup Anda. Carilah sosok yang menginspirasi untuk terus maju. Cari tahu secara spesifik apa saja kelebihan mereka, sehingga Anda menjadikannya panutan. Bisa saja Anda terinspirasi karena kecerdasannya, karya yang dibuat, maupun hal lainnya.

Ketiga Cari Tahu Kemampuan yang Mau Dikuasai; Cara menemukan passion juga bisa dilakukan dengan menjawab pertanyaan dari kuadran Ikigai. Konsep Ikigai sendiri merupakan nilai hidup yang sudah mengakar di kebudayaan orang Jepang. Coba Anda jawab pertanyaan berikut: Hal apa yang paling Anda sukai? Keterampilan apa yang Anda paling ahli di dalamnya? Apakah dunia memerlukannya? Apakah Anda bisa mendapatkan income dari hal tersebut? Tanyakan pada diri Anda tentang empat hal ini. Anda bisa memulai dengan mengenali diri. Apa yang paling membuat Anda bisa menghabiskan waktu berlama-lama saat mengerjakan suatu hal dan juga senang saat melakukannya. Mungkin saja hal tersebut adalah passion yang Anda miliki, namun selama ini belum Anda sadari.

Keempat Tanya ke Orang Terdekat Anda; Jika belum juga menemukan passion Anda, tanyakan pada orang tedekat seperti orang tua, sahabat, atau pasangan. Coba tanyakan apa saja kelebihan yang Anda miliki selama ini. Lalu, coba tanyakan ke diri sendiri apa yang bisa Anda eksplorasi dari kelebihan tersebut dan apakah Anda benar-benar menikmati melakukannya.

Kelima Berani Mencoba; Setelah empat langkah di atas Anda coba lakukan dan menemukan bidang apa yang Anda sukai, saatnya Anda mencoba dan membuktikan ke diri sendiri bahwa Anda mampu dan memang cocok dengan pekerjaan tersebut. Anda bisa mencari informasi terkait pekerjaan tersebut dan bulatkan tekad untuk komitmen mencoba pekerjaan tersebut selama beberapa waktu, misalnya satu hingga tiga tahun.

Keima cara tersebut dapat Anda ikuti, apabila Anda merasa belum menemukan passion atau merasa ragu dengan hal yang telah Anda anggap sebagai passion. Seperti yang telah penulis jelaskan, untuk menemukan passion Anda tidak perlu terburu-buru karena passion muncul secara bertahap dan perlahan.  Itu tadi cara menemukan passion untuk mendapatkan pekerjaan yang diimpikan. Selain berusaha untuk menemukan passion yang Anda inginkan, jangan sampai lupa memerhatikan perlindungan diri jika suatu saat hal yang tidak diinginkan terjadi.

Wallahu A'lam Bishowab

Penulis:

Ahmad Rusdiana, Pegiat Rumah Baca Tresna Bhkkti, Penulis buku Pengembangan Perencanaan Pendidikan; Manajemen SDM Pendidikan-.Guru Besar Manajemen Pendidikan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pendidik,  Peneliti, dan Pengabdi; Pendiri dan Pembina Yayasan Sosial Dana Pendidikan Al-Misbah Cipadung-Bandung yang mengembangkan pendidikan Diniah, RA, MI, dan MTs, sejak tahun 1984, serta garapan khusus Bina Desa, melalui Yayasan Pengembangan Swadaya Masyarakat Tresna Bhakti, yang didirikannya sejak tahun 1994 dan sekaligus sebagai Pendiri Yayasan, kegiatannya pembinaan dan pengembangan asrama mahasiswa pada setiap tahunnya tidak kurang dari 70 mahasiswa di Asrama Tresna Bhakti Cibiru Bandung. Membina dan mengembangkan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) TK-TPA-Paket A-B-C. Pegiat Rumah Baca Tresna Bhakti sejak tahun 2007 di Desa Cinyasag Kecamatan. Panawangan Kabupaten. Ciamis Jawa Barat. Karya Lengkap sd. Tahun 2022 dapat di akses melalui: (1) http://digilib.uinsgd.ac.id/view/creators. (2) https://www.google.com/search? q=buku+a.rusdiana+shopee&source (3) https://play. google.com/store/books/author?id.

 

Tag:
Nalar Lainnya
...
Dadan Supardan

Semangat Revitalisasi di Mata Angkie

Nalar Lainnya
...
ENDANG KOMARA

INDEPENDENSI ASN

...
Asep S. Muhtadi

Komunikasi Pembelajaran di Masa Pandemi

...
Prof. Dr Cecep Darmawan, S.Pd., S.IP., S.H.,M.H.,M.Si.

EKSISTING DAN PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DI JAWA BARAT

...
...
...