Bedakan Passion vs Hobi: Mana yang Lebih Penting untuk Karier?

Penulis: Ahmad Rusdiana

Dibaca: 144 kali

Ahmad Rusdiana

Oleh Ahmad Rusdiana

 

Banyak orang yang menganggap bahwa passion dan hobi adalah dua hal yang sama. Namun, sebenarnya passion dan hobi memiliki perbedaan yang cukup signifikan.  Terkadang dalam menentukan karir seseorang perlu mempertimbangkan passion atau hobinya untuk membantu mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Jika Anda ada pada kondisi yang sama, maka perlu mengetahui perbedaan antara passion dan hobi terlebih dahulu sebelum menentukan karir yang tepat untuk Anda. Diantaranya:

Pertama passion sebuah kata untuk menggambarkan kecintaan kita saat melakukan sesuatu, kecintaan kita saat mengerjakan suatu pekerjaan yang kita lakukan. (baca bagaimana-cara-menemukan-passion). Tanpa itu? Ya siap-siap menuju kehancuran kata Jamil Azzaini dalam bukunya dengan judul: "Memang ON". Kalau kita kembalikan kepada kehidupan sehari hari kita sebagai seorang Muslim, pastinya punya passion dalam beragama, siapa yang memberi passion? Ya jelas Allah tabarakallahu wata’ala, darimana informasinya? Dari al-Qur’an atau informasi dari hadits-hadits Rasulullah.

Passion seorang mukmin sesungguhnya adalah ia tahu bahwa kebaikan yang dikerjakannya di dunia ini akan diberi balasan oleh Allah, Firman Nya dalam Al-Qur'an; "Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan) nya". (Q.S Az-Zalzalah [99]:7).

Dan dan balasan itu nggak tanggung-tanggung, surga yang kata Allah seluas langit dan bumi. Masih kurang? Allah nanti langsung akan menemui hambaNya, menyapa nya di surga Nya nanti, bahkan kita melihat wajah Allah yang indah..indah banget..nggak bisa dibayangkan kayak apa indahnya..syarat dan ketentuan berlaku tentunya.

Kedua Hobi; merupakan suatu aktivitas yang dilakukan seseorang secara rutin ketika sedang bosan atau mempunyai waktu senggang untuk bersenang-senang. Biasanya, hobi dilakukan sebagai bentuk refreshing atau bersantai.  Setiap orang tidak selalu memiliki hobi yang sama. Menurut Crow& Crow; Hobi/minat adalah sesuatu yang berhubungan dengan daya gerak yang mendorong kita cenderung atau merasa tertarik pada orang, benda, kegiatan ataupun bisa berupa pengalaman yang efektif yang dirangsang oleh kegiatan itu sendiri.

Rast, Harmin&Simon menyatakan bahwa dalam minat/hobi terdapat hal-hal pokok diantaranya: (1) adanya perasaan senang dalam diri yang memberikan perhatian pada objek tertentu, (2) adanya ketertarikan terhadap objek tertentu, (3) adanya aktivitas atas objek tertentu, (4) adanya kecenderungan berusaha lebih aktif, (5) objek atau aktivitas tersebut dipandang fungsional dalam kehidupan dan (6) kecenderungan bersifat mengarahkan dan mempengaruhi tingkah laku individu.

Berbicara tentang hobi pastinya setiap orang memiliki hobi yang bermacam macam ada yang hobi menulis, membaca, mendengarkan musik atau mungkin hobi galau. Yang jadi pertnyaan bagaima Perbedaan Passion dan Hobi?

Dari dua penjelasan dan contoh diatas, hobi bisa memberi dampak positif atau negatif. Contohnya saja hobi belanja bisa menghabiskan uang demi kesenangan pribadi. Kecuali, jika hobi tersebut dimanfaatkan pada hal yang berguna. Contohnya ibu kalian berbelanja baju banyak kemudian dijual kembali. Kegiatan tersebut hampir sama, tetapi contoh diatas menghasilkan sesuatu yang berbeda. Berbelanja kemudian dijual kembali menghasilkan suatu yang berguna. Dari contoh itu, passion bisa menjelaskan sebagai nilai yang menghasilkan.

Mengutip dari buku My Business is My Passion: Kumpulan Kisah Pebisnis, passion bisa digali dari hobi kemudian menghasilkan. Contoh lainnya yaitu hobi membuat desain baju. Jika dilatih secara terus-menerus, Anda bisa menjadi desainer baju dan menghasilkan uang dari hobi tersebut.

Beberapa orang mungkin kesulitan menemukan passion mereka dari hobi atau kegiatan. Sebagian memilih menyerah untuk menggapai passion yang diinginkan. Berikut tips untuk membantumu menemukan passion: (1) Pikirkan tentang sesuatu yang membuatmu bahagia. Cobalah untuk memulai aktivitas yang disukai. Pikirkan atau tulis aktivitas yang bernilai. (2) Buatlah sebuah keputusan untuk mendorong Anda. Lakukan penilaian dan identifikasi diri kekuatan Anda.

Dengan pikirkan tentang pekerjaan saat ini lalu tanyakan kepada diri Anda. Apakah benar ini pekerjaan yang sesuai untukku? Cobalah untuk membayangkan topik yang disukai. Pikirkan impian kedepan yang ingin dilakukan.

Selain itu, ada beberapa cara menemukan passion. Cara ini untuk membuat Anda termotivasi untuk melakukan sesuatu dan mengejar impian. Berikut aktivitas untuk menemukan passion diantaranya:

Mencintai Binatang; Kecintaan pada binatang peliharaan bisa menyenangkan untuk beberapa orang. Tak hanya hobi, memelihara binatang bisa menjadi inspirasi seseorang untuk menemukan passionnya. Sekarang ini banyak banyak penyuka binatang yang menyukai satwa dan bekerja di penangkaran hewan. Kamu bisa juga menjadi sukarelawan di tempat penampungan hewan, atau menjadi peneliti untuk hewan. Pekerjaan mengamati burung, melatih anjing, dan menonton hewan bermain bisa menjadi hal menyenangkan untuk beberapa orang.

Menyukai Seni; Beberapa orang menyukai hobi seperti menggambar, fotografi, dan desain yang berkaitan dengan seni. Karya seni bisa membangkitkan gairah untuk orang-orang yang ingin bekerja di bidang seni.

Mengutip dari aconsciousrethink.com, Anda bisa membuat sebuah karya dari kreativitas dan imajinasi Anda sendiri. Contohnya lukisan, patung, dan tulisan inspirasi. Beberapa orang menganggap karya seni adalah hal luar biasa. Anda bisa menjadi pekerja seni berawal dari hobi.

Belajar dan berlatih; Passion bisa dicari dengan cara belajar dan melatih diri terus menerus. Belajar bisa didapatkan dari berbagai cara, misal membaca buku, bepergian, bertemu orang, dan aktivitas lain. Cobalah untuk bertemu dengan orang yang sukses untuk bertukar pikiran dan mengembangkan passion yang sama. Dari cara ini bisa menemukan ide-ide untuk memulai passion. Bukankah pengalaman adalah guru terbaik?

Wallahu A'lam Bishowab.


Penulis:

Ahmad Rusdiana, Pegiat Rumah Baca Tresna Bhkkti, Penulis buku Pengembangan Perencanaan Pendidikan; Manajemen SDM Pendidikan-.Guru Besar Manajemen Pendidikan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pendidik,  Peneliti, dan Pengabdi; Pendiri dan Pembina Yayasan Sosial Dana Pendidikan Al-Misbah Cipadung-Bandung yang mengembangkan pendidikan Diniah, RA, MI, dan MTs, sejak tahun 1984, serta garapan khusus Bina Desa, melalui Yayasan Pengembangan Swadaya Masyarakat Tresna Bhakti, yang didirikannya sejak tahun 1994 dan sekaligus sebagai Pendiri Yayasan, kegiatannya pembinaan dan pengembangan asrama mahasiswa pada setiap tahunnya tidak kurang dari 70 mahasiswa di Asrama Tresna Bhakti Cibiru Bandung. Membina dan mengembangkan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) TK-TPA-Paket A-B-C. Pegiat Rumah Baca Tresna Bhakti sejak tahun 2007 di Desa Cinyasag Kecamatan. Panawangan Kabupaten. Ciamis Jawa Barat. Karya Lengkap sd. Tahun 2022 dapat di akses melalui: (1) http://digilib.uinsgd.ac.id/view/creators. (2) https://www.google.com/search? q=buku+a.rusdiana+shopee&source (3) https://play. google.com/store/books/author?id.

Tag:
Nalar Lainnya
...
Dadan Supardan

Semangat Revitalisasi di Mata Angkie

Nalar Lainnya
...
ENDANG KOMARA

INDEPENDENSI ASN

...
Asep S. Muhtadi

Komunikasi Pembelajaran di Masa Pandemi

...
Prof. Dr Cecep Darmawan, S.Pd., S.IP., S.H.,M.H.,M.Si.

EKSISTING DAN PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DI JAWA BARAT

...
...
...