PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS EXPLANATION TEXT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS XI IPA 3 SMAN 21 KOTA BEKASI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Penulis ISWADI, S.Pd, M.Pd., M.Pd.

Dibaca: 50 kali

ISWADI, S.Pd, M.Pd., M.Pd.

Oleh ISWADI, S.Pd, M.Pd., M.Pd.

(Guru Bahasa Inggris SMAN 21 Kota Bekasi)

 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini. Latar belakang masalah dilakukannya praktik pembelajaran ini adalah antara lain:1.Ada beberapa siswa yang belum dapat menulis teks explanation dengan baik dan benar. 2.Ada beberapa siswa yang belum paham generic structure dan language features pada teks explanation. 3.Siswa dibelajarkan dengan metode konvensional sehingga ada beberapa siswa yang belum aktif dalam pembelajaran materi teks explanation. Pembelajaran materi explanation text selama ini masih menggunakan media pembelajaran yang belum terintegrasi dengan TPACK. Guru selama ini hanya menggunakan buku paket, LKS, papan tulis, dan spidol sehingga para siswa kurang tertarik dan berminat untuk belajar materi explantion text. Masalah berikutnya, guru juga masih menggunakan metode pembelajaran konvensional sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran materi explanation text dan kurang mampu untuk mengembangkan HOTS atau high order thinking skills. Pembelajaran konvensional tidak memberi kesempatan kepada siswa untuk meningkatkan critical thinking, collaborative, dan communicative   sehingga   pembelajaran   konvensional   lebih berfokus    kepada    teacher    centred.    Selanjutnya,    masalah penggunaan TPACK dalam proses pembelajaran belum dimaksimalkan sehingga siswa belum termotivasi untuk belajar dengan aktif.

Berdasarkan permasalahan di atas, guru diharapkan memiliki solusi baik untuk dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa pada explanation text dengan menggunakan model pembelajaran berbasis pada student centred dan penggunaan TPACK agar pembelajaran explanation text menjadi interaktif dan menarik.

Pembelajaran materi explanation text yang interaktif dan menarik perlu diciptakan dengan melakukan praktik baik yang hasilnya akan didiseminasikan kepada teman sejawat yaitu para guru bahasa Inggris sehingga pembelajaran materi explantion text dengan menggunakan PBJL, Process based approach, dan media audio visual dapat diperbaiki dan dikembangkan. Adanya pendiseminasian ini juga diharapkan mampu menginspirasi dan memotivasi para guru bahasa Inggris untuk menggunakan PBJL, Process based approach, dan media audio visual untuk mengajar materi explanation text.

Penulis selaku guru bahasa Inggris memiliki peran dan tanggung jawab untuk menyajikan pembelajaran pada materi explanation text yang PAKEM atau pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Aktif dimaksudkan bahwa dalam proses pembelajaran guru harus membuat siswa aktif bertanya, mengemukakan gagasan. Peran aktif dan siswa sangat penting dalam rangka pembentukan generasi yang kreatif. Kreatif juga dimaksudkan agar guru menciptakan kegiatan belajar yang beragam sehingga memenuhi berbagai tingkat kemampuan siswa dan siswa mampu membuat seseatu yang bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat sekitar, Selanjutnya, efektif artinya siswa dapat meningkatkan hasil belajarnya dengan baik. Berikutnya, guru diharapkan      dapat      mengajar      dengan      menyenangkan.        Menyenangkan adalah suasana belajar mengajar yang memusatkan perhatian siswa secara penuh pada belajar.

Oleh sebab itu, Penulis menggunakan model pembelajaran Project Based Learning, video pembelajaran dari YouTube yang penulis buat sendiri, menggunakan PPT interaktif, LKPD dan Google Form dalam pembelajaran.

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat?

Setelah dilakukan identifikasi masalah dengan refleksi diri, dan wawancara dengan teman sejawat, maka beberapa tantangan yang dihadapi antara lain: 1. Saya mengalami sakit pinggang karena saya lagi kurang sehat. 2.Saya juga mengalami kepanasan karena ruangan yang saya gunakan sangat panas kondisinya. 3.Masih ada beberapa siswa yang belum siap menjawab pertanyaan mengenai materi yang diajarkan oleh guru. 4.Masih ada beberapa siswa yang masih belum aktif untuk bekerjsama dengan kelompok belajarnya. 5.Masih ada siswa yang memiliki nilai di bawah KKM. 6.Saya terlalu lama dalam menjelaskan manfaat materi pembelajaran dan kurang kreatif dalam memotivasi siswa dalam belajar.7.Saya memberi waktu bagi siswa untuk mengerjakan LKPD dengan waktu yang kurang banyak. 8.Saya lupa memberitahu bahwa siswa harus mengerjakan soal di google form dan melakukan refleksi pembelajaran di google form karena guru memberitahu siswa untuk mengisi soal dan refleksi setelah pembelajaran ditutup.

Untuk  mengatasi tantangan tersebut, guru melakukan tindakan sebagai berikut:

1.     Ketika ingin melakukan praktik baik, guru sebaiknya banyak minum dan menjaga kebugaran fisik dengan meminum vitamin.

2.     Di ruang kelas harus disediakan tambahan kipas angin.

3.     Guru harus meminta siswa untuk tetap semangat dalam menjawab pertanyaan dan guru harus lebih sabar menunggu jawaban siswa.

4.     Guru meminta siswa untuk lebih aktif dalam mengerjakan proyek dan memberitahu kepada siswa bahwa hasil proyek akan dinilai.

5.     Guru harus melakukan pembelajaran remedial

6.     Guru harus mengurangi waktu untuk menjelaskan manfaat materi dan memberikan motivasi belajar yang lebih kreatif.

7.     Guru memberi waktu yang lebih bagi siswa untuk mengerjakan LKPD.

8.     Guru berusaha untuk tidak lupa memberitahu siswa harus untuk mengerjakan soal di google form dan melakukan refleksi pembelajaran di google form.

Pihak-pihak yang terlibat dalam tantangan ini adalah guru, peserta didik kelas XI IPA 3, dan teman sejawat.

Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah:

Melakukan identifikasi masalah, merumuskan akar permasalahan, wawancara dengan kepala sekolah, teman sejawat, dan ahli, melakukan kajian literatur, merumuskan solusi, membuat perangkat pembelajaran dan mengagendakan waktu pelaksanaan aksi.

Strategi yang digunakan adalah sebagai berikut:

A. Metode Pembelajaran

Pendekatan : Process Based Approach

Model       : Project Based Learning

Metode     : Diskusi, tanya jawab, penugasan, presentasi.

Langkah Langkah Pembelajaran :

Pertemuan Pertama Kegiatan pendahuluan:

·                Guru melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran. (Religius)

Hello, Good afternoon my students. How are you doing?. Before studying, let’s pray together!.Begin!. Finish!.

·     Guru memeriksa kehadiran peserta didik sebagaisikap disiplin.

My students, Who is absent today? Why?

·     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran tentang materi yang akan dipelajari dan kegiatan apa yang akan dilakukan selama proses pembelajaran.

Before we study, I am going to tell you about the objectives of our learning.

·     Guru mengaitkan materi kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan kehidupan sehari-hari siswa.

o   What are benefits of explanation text learning for your daily activities.

·       Guru memberikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan dipelajari.

o   Do you know what explanation text is?

·     Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi teks explanation dalam kehidupan sehari-hari melalui video yang dapatdilihat pada link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=BevJn7vl_oI Please see this video when you want to know thebenefits of explanation text learning for your dailyactivities!

·     Guru memberikan motivasi belajar yaitu :

o   Guru menyampaikan jika siswa belajarmateri teks explanation dengan baik,maka siswa akan mendapatkan nilai yang baik.

After knowing the benefits of explanation text learning for your daily activities, I am going to give you learningmotivation. Why must we study English?. Please answermy students!.

Ok. I want to tell you, English language communicationincreases your chances of earning better as every job.

daily activities, I am going to give you learningmotivation. Why must we study English?. Please answermy students!.

Ok. I want to tell you, English language communicationincreases your chances of earning better as every job.

 

 

 

Kegiatan Inti:

Langkah dalam aksi praktik baik ini menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan process based approach dengan langkah kegiatan sebagai berikut:

A. Pre Writing

1.  Pengenalan masalah

·                        Siswa menonton video mengenai pengaruh positif maupun negatif media sosial bagi siswa. Video tersebut dapat dilihat pada link berikut: : https://www.youtube.com/watch?v=Nb9GfRJEVZk.

My students, please watch this video!

·                        Setelah siswa menonton, siswa menuliskan dampak positif dan negatif media sosial bagi siswa di lembar kegiatan peserta didik yang sudah disiapkan.

After watching this video, please write the negativeeffects of social media for the students based on thevideo.

·                        Guru meminta siswa untuk memberikan ide agar media social dapat digunakan untuk mencari uang sehingga media sosial dapat memberikan dampak yang positif bagi siswa. (Critical Thinking).

My students, please write your ideas that can be used for giving the positive effect for the students, for example, by social media, we can get a lot of money.

B. Drafting

2. Penyusunan Rancangan Proyek

· Siswa menyaksikan video tentang materi explanation text dan menjawab   pertanyaan   berdasarkan   video   terkait explanation text. Video dapat dilihat pada link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=fi0QugaXaqc.

My students, please watch this video and answer the following questions!

· Siswa membagi kelompok belajar menjadi beberapa kelompok belajar dengan cara diacak dengan menggunakan aplikasi.(Kerja sama).

· Siswa akan diberitahu akan membuat sebuah proyek yaitu membuat tulisan dengan judul,” How does social media affect the students to makemoney? dan membuat video pendek mengenaiHow does social media affect the students to makemoney?.

Make a study group and write the names of the group members. After creating study groups, pleasedo the project of writing explanation text with the title, “How does social media affect the students to make money? and make a short video about How does social media affect the students to make money?.

3.   Penyusunan Rencana Kerja

·                    Kelompok belajar membuat action plan untuk digunakan dalam pelaksanaan proyek.

Please, write an action plan to do the project!

C. Revising

 4. Pelaksanaan dan Monitoring Proyek

 

·       Siswa dan kelompok belajarnya membuat teks explanation dengan judul, How does socialmedia affect the students to make money?.

My students, please write explanation text with the title, How does social media affect thestudents to make

money?.

·       Siswa dan kelompok belajarnya menggunakan HP untuk mencari sumber di internet sebagai pendukung dalam mengerjakan proyek. (Kreatif)

My students, you can use your handpone to findsome references to write explanation text with the title, How does social media affect thestudents to make money?.

·       Siswa dan kelompok belajarnya mengumpulkan hasil tulisannya untuk dicek kesalahannya oleh guru di rumah.

My students, if you have finished, collect your result and send into my email. I want to check your explanation text.

Kegiatan Penutup:

·       Guru dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran.

My students, let’s draw conclusion!

·       Guru menyampaikan kegiatan pembelajaranyang akan dilakukan selanjutnya.

After drawing conclusion, I want to tell you whatis the material for the next meeting.

·       Guru memberi hikmah pembelajaran kepada siswa agar siswa dapat mengambil moral dari kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan, yaitu:

Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran.” [QS Al-Ma'idah: 2] (Religius).

My students, I am going to tell you about the moral value of our learning today.

Before finishing our learning, please do reflection!

Siapa saja yang terlibat tentunya Peserta didik dan Guru mata pelajaran.

Siapa saja yang terlibat adalah peserta didik kelas XI IPA 3, guru dan bantuan dari teman sejawat agar terlaksananya dengan baik serta didukungnya kepala sekolah dan perangkatnya.

Sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini :

1.      Perangkat Pembelajaran seperti RPP, LKPD, Media dan bahan ajar.

Tag:
Nalar Lainnya
...
Dadan Supardan

Semangat Revitalisasi di Mata Angkie

Nalar Lainnya
...
ENDANG KOMARA

INDEPENDENSI ASN

...
Asep S. Muhtadi

Komunikasi Pembelajaran di Masa Pandemi

...
Prof. Dr Cecep Darmawan, S.Pd., S.IP., S.H.,M.H.,M.Si.

EKSISTING DAN PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DI JAWA BARAT

...
...
...