SIKAP TERPUJI SEORANG PELAJAR DALAM PANDANGAN ISLAM

Penulis: Muhamad Aziz

Dibaca: 118 kali

Muhamad Aziz

Oleh Muhamad Aziz 

(Guru SDN 01 Ciawi Kab. Bogor)

 

Sebagai seorang pelajar tentunya memiliki kewajiban untuk belajar dengan baik sebagai bekal masa depan bangsa. Tidak cukup dengan belajar sebagai seorang pelajar, belajar yang baik harus bersamaan dengan sikap yang terpuji agar dalam pelaksanaannya tercapai keberhasilan dan tercermin sosok seorang pelajar yang baik. 

Sebelum membahas lebih jauh mengenai sikap terpuji bagi seorang pelajar, kita pahami dulu makna dari sikap terpuji itu sendiri.

Dalam KKBI sikap memiliki makna: perilaku, perbuatan dan sebagainya yang berdasarkan pada pendirian, keyakinan. Dan terpuji memiliki makna: sangat baik; terkenal kebaikannya, sangat mulia. Dalam pandangan islam sikap terpuji memiliki makna lain sebagai akhlak, pengertian akhlak itu sendiri secara bahasa (etimologi), kata akhlak berasal dari bahasa Arab akhlak adalah bentuk jama’,  sedang mufradnya adalah khalaq yang diartikan budi pekerti. Sementara itu dari sudut terminologi (istilah), ada banyak pendapat yang mengemukakan istilah akhlak. Di antaranya adalah yang dikemukakan Al-Ghazali: “Akhlak adalah suatu sifat yang tertanam dalam jiwa yang dari padanya timbul perbuatan-perbuatan dengan mudah dan gampang tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan. Maka bila sifat itu memunculkan perbuatan baik dan terpuji menurut akal dan syariat maka sifat itu disebut akhlak yang baik, dan bila yang muncul dari sifat itu perbuatan-perbuatan buruk maka disebut akhlak yang buruk“. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan sikap terpuji adalah segala perilaku, ucapan, dan perbuatan yang baik.

Banyak contoh yang bisa kita tiru dari orang-orang yang memiliki sikap perilaku terpuji, yakni bagaimana seseorang meraih keberhasilannya, bagaimana orang bertahan dalam menghadapi kesulitannya.

Dengan sikap terpuji kegiatan belajar dapat berjalan dengan baik, tertib, teratur, aman, damai, tentram dan sejahtera. Sebagai seorang pelajar untuk memulainya dapat melakukan dari hal-hal yang terkecil yang ada di lingkungan di sekolah maupun di kelas, jika mampu melakukannya dengan penuh kesadaran dan tidak karena terpaksa, maka akan menjadi orang yang bisa bersikap terpuji. Jika ada sikap yang belum terpuji, perbaikilah saat itu juga.

Sebagai seorang pelajar, agar dapat melaksanakan kegiatan belajar dengan baik. Berikut ini beberapa sikap terpuji yang sedehana dapat dilakukan di sekolah: Pertama, mengerjakan PR tepat waktu, Bersikap tertib sewaktu menerima pelajaran, Belajar dengan sungguh-sungguh mencerminkan sikap tanggung jawab. Kedua, bermain Bersama-sama mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan. Selain contoh sikap terpuji yang dapat dilakukan juga ada beberapa contok sikap tidak terpuji yang sederhana bagi seorang pelajar yang tidak boleh dilakukan disekolah: Pertama, Mencontek saat ulangan menunjukkan sikap kurang percaya diri dan tidak bertanggung jawab. Kedua, saling mengejek saat bermain dan berkelahi dengan teman menunjukkan sikap tidak menjaga persatuan dan kesatuan. Ketiga, menunjukkan sikap tidak bertanggung jawab sebagai seorang pelajar.

Dari beberapa contoh di atas masih banyak contoh lain yang dapat dan tidak dapat dilakukan oleh seorang pelajar di sekolah sebagai upaya dalam menumbuhkan sikap terpuji bagi seorang pelajar.

Sebagai seorang pelajar mempunyai sikap terpuji sangat penting karena akan mendatangkan kemudahan dalam meraih keberhasilan serta mendatangkan kebaikan bagi sesama yang paling utama adalah sebagai cerminan yang baik di mata masyarakat umum bagi seorang pelajar itu sendiri. Bersikap terpuji termasuk akhlak terpuji. Seperti halnya seorang pelajar setiap muslim dianjurkan untuk memiliki akhlakul karimah atau akhlak yang terpuji. Bagi seseorang yang memiliki sikap tersebut maka dapat mendatangkan manfaat bagi kehidupan sehari-hari maupun di akhirat nanti salah satunya Allah SWT menjanjikan pertolongan bagi mereka yang memiliki akhlak yang baik. Ada hubungan timbal balik yang diberikan oleh Allah SWT berdasarkan perilaku seseorang. Orang yang memiliki budi pekerti yang luhur akan menjadi orang yang luhur pula di mata orang banyak, begitu juga sebaliknya. Bersikap terpuji akan membuahkan kebahagian, kesuksesan, dan kepuasan baik dalam jangka waktu dekat maupun pada masa yang akan datang.

Demikian pembahasan SIKAP TERPUJI SEORANG PELAJAR DALAM PANDANGAN ISLAM yang dapat saya tuliskan. Kalapun terdapat kekurangan atau khilaf mohon untuk dimaafkan karna semata-mata kekurangan ada dalam diri saya sebagai insan dan kesempurnaan hanya milik ALLAH SWT yang maha sempurna. Wallahu A'lam Bishawab.

Tag:
Nalar Lainnya
...
Dadan Supardan

Semangat Revitalisasi di Mata Angkie

Nalar Lainnya
...
ENDANG KOMARA

INDEPENDENSI ASN

...
Asep S. Muhtadi

Komunikasi Pembelajaran di Masa Pandemi

...
Prof. Dr Cecep Darmawan, S.Pd., S.IP., S.H.,M.H.,M.Si.

EKSISTING DAN PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DI JAWA BARAT

...
...
...