Faktor Non Alam Gempa Bumi

Penulis: Farica Gania Lestari

Dibaca: 654 kali

Farica Gania Lestari

Oleh Farica Gania Lestari                  

(Kelas X.5 SMAN 1 Kota Sukabumi)

 

Tentu kalian sudah tidak asing begitu mendengar tentang kabar atau berita yang menyangkut peristiwa bencana alam. Belum lama ini, kita dihebohkan dengan berita gempa di Cianjur. Gempa di Cianjur ini menggemparkan seluruh warga Indonesia disebabkan dampak yang dihasilkan oleh gempa tersebut. Banyaknya korban luka luka, hilang, bahkan terenggut nyawanya dikarenakan peristiwa gempa ini. Bahkan, warga di daerah Cianjur dan sekitarnya sampai sekarang masih merasa khawatir dikarenakan terus terjadinya gempa susulan. Puncak gempa di Cianjur yaitu pada magnitudo 5,6 di Cianjur pada Senin, 21 November 2022. Korban gempa di Cianjur bahkan telah mencapai sebanyak 162 korban yang meninggal dunia dan 326 luka-luka. Telah terjadi 117 gempa susulan dengan terbesar tinggi getaran 5.6 dan terkecil 1.5 magnitudo.

Tidak hanya bencana alam yang terjadi di Cianjur saja, bahkan di daerah lain atau bahkan negara negara lain tidak sedikit bencana alam yang terjadi. Bencana alam kini mulai berdatangan dan tidak bisa diperediksi kapan dan dimana terjadinya. Bencana alam juga adalah salah satu faktor terbesar penyebab terjadinya korban luka luka atau meninggalnya manusia. Lantas menurut kalian apakah penyebab bencana alam itu sendiri? Mari kita ambil objek yaitu gempa.

Menurut penelitian BMKG, faktor terbesar penyebab gempa yaitu pergeseran lempeng bumi, letusan gunung berapi, kejadian alam seperti tanah longsor, dan faktor non alam. Manusia tentu juga bisa menjadi salah satu terjadinya bencana alam, bahkan mungkin tanpa kita sadari salah satu penyebab bencana alam itu sendiri adalah disebabkan ulah tangan manusia. Faktor non alam adalah salah satu faktor bencana alam yang murni disebabkan oleh manusia. Contoh faktor non alam yang menyebabkan gempa bumi yaitu, penambangan yang berlebih dan tidak terkontrol juga bisa merusak kontur alami lempeng bumi dan membuatnya rentan terhadap pergeseran, beberapa faktor non-alam lainnya yang juga dapat menyebabkan gempa bumi antara lain menurunnya kepadatan tanah dan berkurangnya air tanah secara drastis.

Pengikisan tanah secara berlebihan yang disebabkan oleh manusia dan tanpa adanya tindakan penanggulangan adalah salah satu faktor terbesar. Jika sudah terjadi bencana alam tentu manusia pada umumnya biasanya secara refleks menyalahkan alam, namun sebagai manusia kita juga harus memperbaiki diri sendiri. Sebenarnya gempa tidak membunuh dan melukai, justru bangunanlah yang membunuh dan melukai manusia. Puing puing dan reruntuhan bangunan yang membuat manusia terluka dikarenakan runtuhnya pondasi bangunan yang disebabkan oleh guncangan dari gempa.

Intinya kita sebagai manusia harus tetap menjaga keamanan dan waspada akan setiap kejadian yang tak bisa diprediksi. Tetap menjaga dan merawat lingkungan, jangan lupa kita juga harus belajar tentang mitigasi bencana alam.

Tag:
Nalar Lainnya
...
Dadan Supardan

Semangat Revitalisasi di Mata Angkie

Nalar Lainnya
...
ENDANG KOMARA

INDEPENDENSI ASN

...
Asep S. Muhtadi

Komunikasi Pembelajaran di Masa Pandemi

...
Prof. Dr Cecep Darmawan, S.Pd., S.IP., S.H.,M.H.,M.Si.

EKSISTING DAN PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DI JAWA BARAT

...
...
...