Siluet Indera Perasa

Penulis: Farica Gania Lestari

Dibaca: 134 kali

Farica Gania Lestari

Oleh Farica Gania Lestari

(Kelas 10.5)

 

Manusia adalah makhluk sosial yang tentu saja sudah menjadi hukum alam untuk melakukan aktivitas yaitu berbaur dengan setiap individu atau kelompok lainnya. Karena hal itulah, maka seringnya terjadi interaksi sosial dalam setiap waktu pada tiap tiap anggota masyarakat. Tidak jarang manusia melakukan interaksi sebagai bentuk bertahan hidup.

Interaksi sosial terkadang bisa menimbulkan beberapa hal yang menjadi penyebab timbulnya berbagai permasalahan kehidupan, contohnya yaitu adanya kontroversi, pertengkaran, pertikaian, pengkhianatan, dll. Semua itu biasanya awalnya disebabkan karena adanya sebuah interaksi sosial yang terjalin dikarenakan adanya paham yang tidak selaras, namun bisa saja dikarenakan karena adanya faktor faktor lain.

Manusia adalah makhluk hidup yang fana dan rapuh, saking rapuhnya hanya dengan jentikan kecil seorang manusia bisa terluka dengan mudah. Sejujurnya, indera perasa lah yang berbahaya dan harus dijaga, karena biasanya itulah yang menjadi penyebab suatu masalah dan bukan fisik. Biasanya justru kecepatan lisan lah yang lebih cepat tindakannya dibanding apapun. Manusia adalah makhluk yang paling lucu, karena kebanyakan masalah berasal dari manusia oleh manusia lain atau manusia itu sendiri.

Apakah dengan komunikasi bisa menyelesaikan masalah? Salah satu cara mengatasi konflik adalah dengan komunikasi. Komunikasi tidak bisa hanya dipandang sebagai pelengkap dalam interaksi sosial manusia. Bahkan lebih dari itu bahwa komunikasi menjadi elemen penting dalam setiap pola tindakan individu dalam kaitannya sebagai makhluk sosial. Contohnya seperti musyawarah, mendiskusikan hal yang tak sepaham lalu mengambil jalan tengah atau berdiskusi memilih hal yang dirasa lebih baik. Tapi tentu saja harus dilakukan ketika orang orang yang terlibat dalam konflik tersebut dedang berkepala dingin, agar pihak manapun yang sedang mengalami konflik ataupun pertikaian bisa memutuskan hal yang terbaik.

Tetapi alangkah baiknya jika semua manusia yang ada di belahan dunia manapun agar bisa menjaga lisan nya, dikarenakan dampaknya bisa menjadi fatal. Mungkin tak terlintas dalam benak kita dampak yang akan terjadi dengan perbuatan kita di masa mendatang, ya karena memang tak akan bisa diprediksi. Kehidupan tak selalu berjalan sesuai harapan. Tenang supaya menemukan terang. 

Tag:
Nalar Lainnya
...
Dadan Supardan

Semangat Revitalisasi di Mata Angkie

Nalar Lainnya
...
ENDANG KOMARA

INDEPENDENSI ASN

...
Asep S. Muhtadi

Komunikasi Pembelajaran di Masa Pandemi

...
Prof. Dr Cecep Darmawan, S.Pd., S.IP., S.H.,M.H.,M.Si.

EKSISTING DAN PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DI JAWA BARAT

...
...
...