TIPS AGAR PERCAYA DIRI UNTUK BERPENDAPAT

Penulis: DEA AMANDA

Dibaca: 152 kali

DEA AMANDA

OLEH DEA AMANDA

(KELAS XII MIPA 2 SMAN 1 TENJOLAYA)

 

Mungkin dari sebagian dari kita merasa malu dan tidak berani untuk menyampaikan pendapat masing-masing atau malu bertanya karena rasa tidak percaya diri, saat diberikan kesempatan oleh guru untuk bertanya atau berpendapat. Padahal setiap siswa memiliki hak untuk menyampaikan pendapatnya masing-masing atau bertanya ketika ada hal-hal yang belum dimengerti.

Tetapi kenyataannya banyak diantara kita yang memiliki pendapat atau pertanyaan, tetapi tidak memiliki keberanian dengan alasan malu atau tidak percaya diri. Sebenarnya apa sih..yang dimaksud dengan percaya diri itu?

Percaya diri adalah suatu sikap atau keyakinan atas kemampuan pada diri sendiri. Orang yang percaya diri biasanya memiliki penilaian positif terhadap dirinya sendiri, sehingga ia tidak ragu-ragu untuk menyampaikan pendapat nya sendiri.

Apakah rasa percaya diri itu penting?

Sangat penting dalam menjalani kekehidupan. Orang yang tidak percaya diri biasanya meraka terlalu sugesti negatif terhadap dirinya sendiri.

Lalu bagaimana cara kita untuk membangun rasa percaya diri? Berikut beberapa tips untuk percaya diri:

 

1.         Bangun Pola Pikir Positif

Orang-orang positif adalah orang yang bisa menerima perbedaan, nasihat dari orang lain dan tak merasa bahwa dirinya selalu benar.

2.         Kenali kekurangan dan kelebihan diri sendiri

Setiap manusia pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kita harus bisa menerima kekurangan yang ada pada diri kita, seperti halnya kita menerima kelebihan kita.

3.         Jadilah diri sendiri

Kalian tidak perlu jadi orang lain, jadilah diri sendiri. Karna kalian memiliki Versi terbaiknya masing-masing. Tidak usah memakai topeng untuk di kagumi banyak orang.

4.         Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Penyebab tidak percaya diri adalah sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain dan akan cenderung membuat diri kalian “Down”. Sebaiknya berhenti membandingkan diri sendiri dan fokus terhadap tujuan agar menjadi lebih baik.

5.         Berlatih menyampaikan pendapat

Ungkapan pendapat mu dengan percaya diri, jangan takut untuk salah. Karna kesalahan adalah peluang untuk menemukan kebenaran.

“A successful person is someone who is able to believe in himself, even when others don’t believe him. “

Orang sukses adalah orang yang mampu percaya pada dirinya sendiri, bahkan ketika orang lain tidak mempercayai nya.

The key to success is confidence

Kunci sukses adalah percaya diri.

Tag:
Nalar Lainnya
...
Dadan Supardan

Semangat Revitalisasi di Mata Angkie

Nalar Lainnya
...
ENDANG KOMARA

INDEPENDENSI ASN

...
Asep S. Muhtadi

Komunikasi Pembelajaran di Masa Pandemi

...
Prof. Dr Cecep Darmawan, S.Pd., S.IP., S.H.,M.H.,M.Si.

EKSISTING DAN PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DI JAWA BARAT

...
...
...