Poster Pembelajaran (Mind Mapping) dari Sebuah Konsep Matematika

Penulis: Shipa Fauziah, S.Pd.

Dibaca: 39 kali

Shipa Fauziah, S.Pd.

Oleh Shipa Fauziah, S.Pd.

 

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang jarang disenangi oleh peserta didik, tetapi ada juga peserta didik yang tidak menyukai matematika. Meskipun ada peserta didik yang tidak menyukai matematika, guru harus selalu memberikan metode pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan, di antaranya yaitu agar peserta didik kreatif dan tidak mudah bosan, serta bisa memahami pembelajaran matematika, guru memberikan metode pembelajaran yang berbeda-beda. Materi yang sudah dirangkum oleh guru untuk diberikan kepada peserta didik, agar peserta didik lebih mudah memahami materi tersebut, serta memberikan tugas yang menyenangkan, seperti peserta didik ditugaskan membuat poster pembelajaran (Mind Mapping) dari sebuah konsep matematika yang telah dipelajari dengan menggunakan gambar dan warna yang menarik.

Pembelajaran matematika yang menarik harus tersedianya forum diskusi antara guru dan peserta didik di dalam kelas maupun saat berada di luar sekolah. Forum diskusi ini bisa berupa diskusi kelompok di kelas, ataupun bisa menggunakan media popular seperti WhatsApp atau forum diskusi lainnya. Forum diskusi ini bertujuan untuk menghidupkan belajar matematika sehingga terjalinnya proses komunikasi aktif dan interaktif secara lebih dekat (mengenal) antara guru dan peserta didik dalam pembelajaran matematika.

Selain itu, pengecekan kehadiran peserta didik juga sangat penting dilakukan dikarenakan sebagai penentu kehadiran peserta didik dalam setiap kelas juga hal ini sebagai bagian dari ikhtiar guru untuk melibatkan peserta didik secara efektif dalam pembelajaran. Penting bagi guru untuk mewujudkan pembelajaran yang interaktif. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan sehingga tujuan pembelajaran juga dengan sendirinya dapat tercapai.

Oleh karena itu, peserta didik akan merasa senang saat belajar matematika dengan membuat poster pembelajaran (Mind Mapping) dari sebuah konsep matematika yang telah dipelajari. Dengan demikian, peserta didik diharapkan dapat memahami materi yang telah dipelajari dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa tugas karya siswa membuat poster pembelajaran (Mind Mapping) dari sebuah konsep matematika yang telah dipelajari.

Tag:
Nalar Lainnya
...
Dadan Supardan

Semangat Revitalisasi di Mata Angkie

Nalar Lainnya
...
ENDANG KOMARA

INDEPENDENSI ASN

...
Asep S. Muhtadi

Komunikasi Pembelajaran di Masa Pandemi

...
Prof. Dr Cecep Darmawan, S.Pd., S.IP., S.H.,M.H.,M.Si.

EKSISTING DAN PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DI JAWA BARAT

...
...
...