MASIH MAU JADI MANUSIA BIASA? Manfaatkan passion yang luar biasa

Penulis: Ahmad Rusdiana

Dibaca: 214 kali

Ahmad Rusdiana

Oleh Ahmad Rusdiana

 

Seringkali kita merasa hidup ini terlalu sulit untuk dijalani, rasa bimbang dengan banyaknya pilihan yang harus dipilih, kekhawatiran yang terus menghantui, bahkan sering kali pula muncul rasa cemas yang kemudian menimbulkan banyak pertanyaan seperti lulus kuliah aku harus apa, apa ada yang mau menerimaku bekerja, apa yang harus aku lakukan setelah ini, ataupun ketika masalah satu persatu mulai berdatangan, seperti usaha yang gagal, kesulitan mengatur keuangan, usaha yang tak berjalan baik dan sebagainya.

Ada satu kalimat motivasi dari seorang penulis berkebangsaan Amerika yang bernama Og.Mandino, “Selalu lakukan yang terbaik. Apa yang Anda tanam sekarang, akan anda tuai nantinya”. Kalimat ini bisa menjadi pengingat untuk kita, agar terus melakukan yang terbaik apapun pekerjaannya, apapun tahap kehidupan yang kita hadapi, sedangkan untuk hasilnya akan kita dapatkan di hari yang akan datang. Namun, percayalah, hasil yang maksimal didapatkan dari usaha yang maksimal sedangkan hasil yang biasa-biasa saja didapat dari usaha yang biasa-biasa saja. Diluar dari pada itu ternyata ada cara mudah dan efektif yang bisa kita lakukan ketika merasa bimbang dengan keadaan ataupun saat berada difase kecemasan yang berlebih dan ketika masalah mulai bermunculan, passion hadir untuk membantu Anda.

Percaya atau tidak, dalam ilmu psikologi, Vallerand, membagi passion kedalam dua tipe yaitu passion obsesi serta passion harmoni. Kedua tipe passion tersebut memiliki efek yang berbeda yang dapat berdampak pada seorang individu yang bersangkutan. Tipe passion harmoni merupakan passion yang positif. Hal ini dikarenakan seorang individu dapat melakukan suatu hal karena senang, cinta dan seirama dengan hal-hal yang disukai akan memanfaatkan passion, dapat membuat Anda merasa bersemangat ketika menjalani suatu aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. J. Vallerand menyebutkan pula bahwa passion merupakan percikan yang dapat membuat hidup seorang individu menjadi layak diperjuangkan. Pertanyaannya manfaat apa yang akan diperoleh dari passion:

Pertama; Passion membuat Anda pantang menyerah. Rasa semangat serta bahagia yang dapat ditimbulkan dari memiliki passion akan membuat Anda terus mencari cara untuk dapat mengatasi permasalah serta rintangan yang menghalangi passion Anda. Rasa semangat tersebutlah yang kemudian mendasari seorang individu untuk terus berkorban dan pantang menyerah demi passion yang dia miliki. Baik passion tersebut membuat dirinya sendiri merasa senang maupun memberikan kesenangan kepada orang lain.

Kedua; Passion dapat membantu Anda untuk tidak mudah menyerah, passion dari dalam diri dapat mengatarmu kepada pekerjaan yang menyenangkan seperti halnya yang dibahas pada buku My Passion, My Money.

Ketiga; Individu yang bekerja sesuai dengan passionnya, biasanya cenderung sukses, sehingga munculah jargon “jadikan passion Anda, sebagai pekerjaan” jargon tersebut mengungkapkan bahwa apabila Anda menjadikan passion sebagai pekerjaan, maka Anda akan bahagia hingga merasa bahwa apa yang Anda kerjakan bukanlah pekerjaan namun aktivitas yang biasa serta selalu Anda sukai. Namun tentu saja ada faktor lain yang akan memengaruhi rasa senang ketika bekerja, seperti karier yang baik. Hal ini juga bisa dipengaruhi karena jika kita bekerja sesuai dengan passion, kita akan bekerja dengan lebih keras. Oleh sebab itu kemungkinan kita mencapai kesuksesan akan lebih besar. Seperti halnya yang dibahas dalam buku Jatuh 2x.. Berdiri 3x…

Keempat; Passion dapat membentuk karakter Anda menjadi lebih kuat. Hal ini dikarenakan Anda akan berusaha untuk mencapai tujuan serta tidak meremehkan dan tidak peduli kesulitan-kesulitan yang ada. Hal tersebut yang akan mendorong Anda untuk teguh pada pendirian Anda.

Kelima; Passion dapat membuat Anda merasa lebih menikmati hidup serta pekerjaan. Apabila Anda menyadari passion Anda, Anda akan lebih mengetahui apa yang Anda inginkan. Sehingga Anda akan lebih menikmati proses untuk mencapai suatu tujuan serta melakukan pekerjaan Anda. Contohnya Anda memiliki tujuan untuk belajar lebih lanjut mengenai suatu hal yang berkaitan dengan passion Anda, maka Anda akan berusaha untuk mewujudkan hal tersebut seperti bekerja lebih keras maupun belajar agar dapat mendapatkan beasiswa atau dapat membiayai studi Anda.

Keenam; Menyadari passion dapat membuat rasa stress Anda berkurang.  Manfaat ini sesuai dengan penelitian yang dipublikasikan oleh The Annals of Behavioral Medicine. Penelitian tersebut merekomendasikan bahwa "memiliki passion dapat mengurangi rasa stress serta meningkatkan rasa gairah serta rasa bahagia". Dengan passion Anda akan merasa memiliki hidup yang penuh makna.

Ketujuh; Passion dapat mengajarkan Anda untuk menghargai waktu. Anda yang memiliki passion pasti tahu jelas tujuan Anda, sehingga Anda akan memprioritaskan kegiatan serta aktivitas yang berkaitan dengan passion Anda. Sehingga Anda tidak akan melakukan kegiatan yang akan membuang waktu atau kegiatan yang tidak sejalan dengan tujuan.

Passion sebuah kata untuk menggambarkan kecintaan kita saat melakukan sesuatu, kecintaan kita saat mengerjakan suatu pekerjaan yang kita lakukan. Bukankan Proses tidak akan menghiani hasil.

Walahu A'lam Bishowab.

Penulis:

Ahmad Rusdiana, Pegiat Rumah Baca Tresna Bhkkti, Penulis buku Pengembangan Perencanaan Pendidikan; Manajemen SDM Pendidikan-.Guru Besar Manajemen Pendidikan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pendidik,  Peneliti, dan Pengabdi; Pendiri dan Pembina Yayasan Sosial Dana Pendidikan Al-Misbah Cipadung-Bandung yang mengembangkan pendidikan Diniah, RA, MI, dan MTs, sejak tahun 1984, serta garapan khusus Bina Desa, melalui Yayasan Pengembangan Swadaya Masyarakat Tresna Bhakti, yang didirikannya sejak tahun 1994 dan sekaligus sebagai Pendiri Yayasan, kegiatannya pembinaan dan pengembangan asrama mahasiswa pada setiap tahunnya tidak kurang dari 70 mahasiswa di Asrama Tresna Bhakti Cibiru Bandung. Membina dan mengembangkan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) TK-TPA-Paket A-B-C. Pegiat Rumah Baca Tresna Bhakti sejak tahun 2007 di Desa Cinyasag Kecamatan. Panawangan Kabupaten. Ciamis Jawa Barat. Karya Lengkap sd. Tahun 2022 dapat di akses melalui: (1) http://digilib.uinsgd.ac.id/view/creators. (2) https://www.google.com/search? q=buku+a.rusdiana+shopee&source (3) https://play. google.com/store/books/author?id.

 

 

Tag:
Nalar Lainnya
...
Dadan Supardan

Semangat Revitalisasi di Mata Angkie

Nalar Lainnya
...
ENDANG KOMARA

INDEPENDENSI ASN

...
Asep S. Muhtadi

Komunikasi Pembelajaran di Masa Pandemi

...
Prof. Dr Cecep Darmawan, S.Pd., S.IP., S.H.,M.H.,M.Si.

EKSISTING DAN PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DI JAWA BARAT

...
...
...