Penulis Lina Nurlaela, S.E., M.Si.

Lina Nurlaela, S.E., M.Si.
Oleh Lina
Nurlaela, S.E., M.Si.
(Fakultas Ekonomi
Universitas Garut)
Menurut Mardiasmo
(2019), “Pajak Penghasilan merupakan pajak yang dikenakan untuk orang pribadi,
perusahaan atau badan hukum lainnya atas penghasilan yang didapat.” Dasar hukum
untuk pajak penghasilan adalah Undang- Undang Nomor 7 Tahun 1983.
Menurut Resmi,
Siti (2017), Pajak penghasilan pasal 21 yang biasa disebut PPh 21 adalah pajak
yang dikenakan atas penghasilan yang terkait dengan pekerjaan, jasa atau
aktivitas sang wajib pajak orang dalam negeri. PPh Pasal 21 dipotong, disetor
serta dilaporkan sang pemotong pajak yaitu: pemberi kerja, bendaharawan
pemerintah, dana purna tugas, badan, perusahaan dan penyelenggara aktivitas.
PPh Pasal 21 yang sudah dipotong kemudian disetorkan secara sahih kepada
pemberi kerja atas penghasilan yang diterima atau diperoleh sehubungan dengan
pekerjaan berasal suatu pemberi kerja adalah pelunasan pajak yang terutang
untuk tahun pajak yang berkaitan.
A. Pemotonga PPh Pasal 21
Pembayaran PPh 21
dilakukan dalam tahun berjalan melalui pemotongan oleh pihak-pihak tertentu.
Pemotong PPh Pasal 21 adalah Wajib Pajak orang pribadi atau badan termasuk
Bentuk Usaha Tetap yang memiliki kewajiban melakukan pemotongan pajak atas
penghasilan dengan pekerjaan, jasa, dan kegiatan. Pemotongan PPh Pasal 21
sesuai dengan Peraturan Dirjen Pajak Nomor PER/-16/PJ/2016 adalah sebagai
berikut:
1. Pemberi Kerja
Pemberi kerja yang
diperbolehkan menjadi pemotong pajak terdiri atas:
• Orang pribadi atau badan
• Cabang, perwakilan, atau unit, dalam
hal yang melakukan sebagian atau seluruh biaya yang terkait dengan pembayaran
gaji, upah, honorarium, tunjangan, dan pembayaran lainnya.
2. Bendahara atau Pemegang Kas Pemerintah
Ini termasuk
bendahara atau pemegang kas Pemerintah Pusat termasuk institusi TNI/POLRI,
Pemerintah Daerah, Instansi atau lembaga pemerintah, lembaga-lembaga negara
lainnya, dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di luar negeri.
3. Dana Pensiun
Pihak pemotong
dana pensiun meliputi badan penyelenggara jaminan sosial tenaga kerja dan
badan-badan lain yang membayar uang pensiun dan tunjangan hari tua atau jaminan
hari tua.
4. Orang Pribadi
Orang pribadi yang
boleh memotong pajak adalah mereka yang melakukan kegiatan usaha atau pekerjaan
bebas serta badan yang membayar:
• Honorarium, komisi, fee, atau
pembayaran lain sebagai ketidakseimbangan sehubungan dengan jasa dan kegiatan
yang dilakukan oleh orang pribadi dengan status Subjek Pajak dalam negeri.
• Honorarium, komisi, fee, atau
pembayaran lain sebagai ketidakseimbangan sehubungan dengan kegiatan dan jasa
yang dilakukan oleh orang pribadi dengan status Subjek Pajak luar negeri.
• Honorarium, komisi, fee, atau
tunjangan lain kepada peserta pendidikan, pelatihan, dan pegawai magang.
5. Penyelenggaraan Kegiatan
Penyelenggara
kegiatan ini termasuk badan pemerintah, organisasi yang bersifat nasional dan
internasional, perkumpulan, orang pribadi serta lembaga lainnya yang
menyelenggarakan kegiatan serta membayarkan honorarium, hadiah, atau
penghargaan apapun kepada Wajib Pajak dalam negeri.
B. Wajib Pajak PPh Pasal 21
Wajib Pajak PPh 21
adalah orang pribadi atau badan yang dikenakan tarif pajak PPh Pasal 21. Wajib
Pajak tersebut terbagi menjadi 6 kategori sebagai berikut:
1. Pegawai
Pegawai merupakan
orang pribadi yang bekerja pada pemberi kerja berdasarkan kesepakatan atau
kesepakatan kerja. Adapun pegawai ini terbagi menjadi dua kategori yaitu
pegawai tetap dan pegawai tidak tetap.
2. Penerima Pesangon
Mereka adalah para
penerima uang pesangon, pensiun atau uang manfaat pensiun, tunjangan hari tua
atau jaminan hari tua, termasuk ahli warisnya.
3. Bukan Pegawai
Bukan pegawai
adalah orang pribadi selain pegawai tetap dan pegawai tidak tetap atau tenaga
kerja lepas yang memperoleh penghasilan. Termasuk bukan pegawai adalah:
• Tenaga ahli seperti dokter, arsitek,
akuntan, dan lainnya
• pemain musik, pembawa acara,
penyanyi, pelawak, film bintang, sinetron bintang, dan seniman lainnya
• olahragawan
• penasihat, pembina, pelatih,
penceramah, penyuluh, dan moderator
• pengarang, pengarang, dan penerjemah
• pemberi jasa dalam segala bidang
• agen iklan
• pengawas atau pengelola proyek
• pembawa pesan atau perantara
• petugas penjaja barang dagangan
• petugas dinas luar asuransi
• distributor perusahaan MLM atau direct selling
4. Komisaris
Mereka adalah
anggota dewan komisaris atau dewan pengawas yang tidak merangkap sebagai
pegawai tetap pada perusahaan yang sama.
5. Mantan Pegawai
Mantan pegawai
adalah para pekerja yang sudah tidak terikat kerja lagi dengan instansi
tempatnya bekerja.
6. Peserta Kegiatan
Peserta kegiatan
yang terkena tarif pajak PPh 21 ialah mereka yang menerima penghasilan
sehubungan dengan keikutsertaannya dalam suatu kegiatan, meliputi:
• peserta perlombaan dalam segala
bidang, antara lain perlombaan olahraga, seni, ketangkasan, dan perlombaan
lainnya
• peserta rapat, konferensi, sidang,
pertemuan, dan kunjungan kerja
• peserta atau anggota dalam suatu
kepanitiaan sebagai penyelenggara kegiatan tertentu
• peserta pendidikan dan pelatihan
• peserta kegiatan lainnya
C. Indikator Perhitungan PPh Pasal 21
Sebelum belajar
lebih jauh mengenai cara perhitungan PPh 21, terlebih dahulu mari kita mengenal
4 elemen dalam perhitungan PPh 21 berikut ini.
1. Biaya Jabatan
Biaya jabatan
merupakan biaya yang harus dikeluarkan selama 12 bulan oleh Wajib Pajak yang
berhubungan dengan pekerjaan. Besaran biaya jabatan ini yaitu 5% dari
penghasilan bruto selama setahun atau maksimal Rp 500.000 per bulan atau Rp
6.000.000 per tahun.
2. Biaya Pensiun
Biaya pensiun
ditetapkan sebesar 5% dari penghasilan bruto selama setahun atau paling tinggi
Rp 200.000 per bulan atau Rp 2.400.000 per tahun.
3. BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan
Program BPJS
Kesehatan mewajibkan seluruh warga negara Indonesia agar memiliki asuransi
kesehatan. Untuk para pekerja, iuran BPJS Kesehatan ditetapkan sebesar 1% dari
pendapatannya. Adapun program BPJS Ketenagakerjaan mulai berlaku sejak 1 Juli
2015. Selain dua program tersebut, masih ada lagi empat program jaminan sosial
tenaga kerja yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK),
Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun ( JP). Iuran yang harus dikeluarkan
pekerja setiap bulannya untuk setiap jaminan yaitu 2% untuk JHT, 1% untuk JP,
0,24% untuk JKK, dan 0,3% untuk JK.
D. Penghasilan Tidak Kena Pajak
Penghasilan
Tidak Kena Pajak (PTKP) adalah nilai pengurang dari penghasilan bruto wajib
pajak. Berdasarkan peraturan yang berlaku, berikut adalah tarif PTKP
terbaru:
|
PTKP Pria/Wanita
Lajang |
PTKP Pria Kawin |
PTKP Suami Istri |
|
TK/0
Rp. 54.000.000 |
K/0Rp. 58.500.000 |
K/I/0
Rp. 112.500.000 |
|
TK/1
Rp. 58.500.000 |
K/1Rp. 63.000.000 |
K/I/1
Rp. 117.000.000 |
|
TK/2 Rp. 63.000.000 |
K/2Rp. 67.500.000 |
K/1/2
Rp. 121.500.000 |
|
TK/3
Rp. 67.500.000 |
K/3Rp. 72.000.000 |
K/I/2
Rp. 126.000.000 |
E. Tarif Pajak Penghasilan 21
Beberapa
tarif berikut ini digunakan sebagai dasar perhitungan PPh 21 menurut UU No 7
Tahun 2021:
|
Lapisan PKP |
Tarif Pajak |
|
Rp. 0 sd Rp. 60.000.000 |
5% |
|
Di atas Rp. 60.000.000 sd Rp. 250.000.000 |
15% |
|
Di atas Rp. 250.000.000 sd Rp. 500.000.000 |
25% |
|
Di atas Rp. 500.000.000-5Miliar |
30% |
|
5 Milia Ke atas |
35% |
Contoh Perhitungan PPh Pasal 21:
Nugraha bekerja di
Universitas Garut. Ia memperoleh gaji sebulan beripa gaji pokok Rp. 8.000.000. Nugraha
juga membayar uang pensiun sebesar Rp. 100.000. Nugraha sudah menikah
tapi belum punya anak. Penghitungan PPh 21 adalah:
|
Gaji sebulan |
Rp. 8.000.000 |
|
|
Pengurangan: |
||
|
1.Biaya jabatan (5% x Rp.8.000.000) |
Rp. 400.000 |
|
|
2. Iuran Pensiun |
Rp. 100.000 |
|
|
(Rp.500.000) |
||
|
Penghasilan bersih sebulan |
Rp. 7.500.000 |
|
|
Penghasilan neto setahun: 12 x 7.500.000 |
Rp90.000.000 |
|
|
PTKP (K/0): – Untuk Diri Wajib Pajak – Tambahan WP Menikah |
Rp54.000.000 Rp4.500.000 |
|
|
(Rp58.500.000) |
||
|
Penghasilan Kena Pajak |
Rp. 31.500.000 |
|
|
PPh 21 Setahun : 5% x Rp31.500.000 |
Rp. 1.575.000 |
|
|
PPh 21 sebulan: Rp. 1.575.000: 12 |
Rp. 131.250 |
Daftar Pustaka
Mardiasmo, (2018).
Perpajakan Edisi Terbaru. Yogyakarta: CV Andi Offset
Peraturan Direktur
Jenderal Pajak No. PER-16/PJ Tahun 2016 tentang Pedoman Teknis Tata Cara
Pemotongan, Penyetoran, dan Pelaporan Pajak PPh Pasal 21 dan/atau PPH Pasal 26
Sehubungan dengan Pekerjaan, Jasa dan Kegiatan Orang Pribadi
Pemerintahan
Indonesia (2021). Undang-undang Republik Indonesia No 7 Tahun 2021 Tentang
Harmonisasi Peraturan Perpajakan. Lembaran Negara RI Tahun 2021, No 246.
Sekretariat Negara, Jakarta
Resmi, S. (2017).
Perpajakan : Teori dan Kasus. Jakarta: Salemba Empat.