WORK PASSION Modalitas untuk Peningkatan Kinerja

Penulis: Ahmad Rusdiana

Dibaca: 186 kali

Ahmad Rusdiana

Oleh Ahmad Rusdiana

 

Peningkatan kinerja selalu menjadi isu yang penting di dalam organisasi karena kinerja berkontribusi bagi keberhasilan organisasi tersebut. Mengkaji tentang work passion lengkapnya Passion for work, menjadi topik yang menarik dan penting. Meski pada umumnya orang menghubungkan passion dengan aktivitas non-kerja seperti olahraga atau hobi, para peneliti maupun praktisi organisasi tetap mencatat pentingnya work passion. Seperti dikatakan Valerand, (2007) "work passion adalah kecenderungan yang kuat dalam diri seseorang terhadap pekerjaan yang disukai dan dianggap penting, sehingga dirinya bersedia memberikan waktu dan energinya untuk pekerjaan tersebut".

Dalam pengertian yang sederhana work passion adalah semangat yang besar disertai emosi yang kuat, hasrat yang membara, dan determinasi untuk mewujudkan suatu tujuan yang telah ditetapkan. Passion ini menentukan seberapa tinggi tingkat stres seorang pekerja dalam rutinitasnya. Sebab jika suatu pekerjaan sudah sangat disenangi dan memiliki kecenderungan untuk menimbulkan rasa bahagia, maka pekerjaan tersebut akan meminimalisir tingkat stres dalam diri. Begitu pun sebaliknya, jika suatu pekerjaan bukanlah hal yang kita sukai maka tekanan dalam diri akan menimbulkan stres yang berakibat pada kreativitas kerja.

Misalnya, Anda adalah seseorang yang menyukai bidang hukum, lalu Anda  juga merupakan lulusan jurusan ilmu hukum. Namun saat Anda  hendak apply pekerjaan, tidak ada lowongan kerja di bagian hukum, sehingga menyebabkan Anda  memilih pekerjaan di bidang lainnya. Hal ini yang semestinya harus diperhatikan dan dihindari jika kita sudah memahami diri kita dan tahu apa  passion  kita. Dibanding harus menyalahkan keadaan karena Anda  bekerja di bidang yang tidak Anda  sukai, lebih baik Anda  mencari peluang lain dan mengevaluasi pilihanmu.

Dari itu, lalu muncul beberapa Pertanyaan: Pertama; Seberapa Penting Menemukan Passion dalam Bekerja? Dibayar untuk mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan passion memang terdengar menyenangkan. Lalu, bagaimana jika sampai saat ini kita belum juga menemukan passion dalam bekerja? Mungkin, Anda  sering mendengar motivasi, seperti “Lakukan apa yang Anda  cintai, bekerjalah dengan penuh semangat sesuai dengan passion”. Kata-kata tersebut membuat banyak orang berpikir keras tentang apa yang harusnya ia lakukan dalam hidup. Alhasil, ia tidak lekas mencari pekerjaan, justru sibuk mencari hal yang ia sukai. Di sisi lain, kita juga butuh pekerjaan supaya mendapatkan uang untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Kendati demikian, saat sudah menemukan pekerjaan, terkadang kita merasa bahwa pekerjaan ini tidak sesuai passion. Akhirnya, kita tidak menyukai pekerjaan tersebut dan terjebak di dalamnya.

Kedua; Apa Pentingnya Menemukan Passion dalam Bekerja? Jika diibaratkan, passion menjadi jiwa seseorang untuk menjalankan sesuatu, termasuk pekerjaannya. Tanpa passion, seseorang tidak akan menemukan kebahagiaan terhadap apa yang ia kerjakan. Sebab, pada dasarnya ia tidak menyukai apa yang dikerjakannya saat ini. Untuk hal itu ada dua pertimbangan diataranya: (1) Menurut survei Indeed, 60% pemberi kerja mengatakan bahwa karyawannya tidak bergairah dalam bekerja karena kurangnya minat terhadap pekerjaan tersebut. Dengan keadaan seperti itu, hasil yang diraih pun biasanya tidak maksimal. (2) Sementara itu, menurut Biospace, beberapa karyawan merasa bersemangat dan produktif dalam bekerja jika ia mempunyai kepedulian terhadap apa yang ia kerjakan.

Hal tersebut membuktikan bahwa passion dinilai penting demi keberlangsungan kariermu dalam jangka panjang. Selain membuatmu bahagia, bekerja sesuai passion juga akan membuatmu lebih cepat dalam mewujudkan visi misi yang telah dibangun sejak awal. Secara tidak langsung, hal ini selaras dengan perkataan Steve Jobs yang berbunyi: The only way to do great work is to love what you do.

Setiap orang yang menyukai pekerjaannya akan melakukan apa pun dengan maksimal dan tidak merasa bahwa itu menjadi beban yang berat. Alhasil, ia akan menuai hasil yang indah dari apa yang ia lakukan selama ini. Jadi, menemukan passion dalam bekerja merupakan hal yang penting. Jika belum menemukannya, mungkin saatnya bagimu untuk mencoba mencarinya dengan maksimal.

Ketiga; Bagaimana Cara Menemukan Passion Dalam Bekerja?  Sejatinya, perjalanan menemukan passion dibutuhkan konsistensi yang kuat dan bahkan memakan tenaga dan waktu yang lama. Meski begitu, Anda  tidak perlu khawatir. Sebab, ada beberapa cara yang bisa Anda  lakukan untuk membantu menemukannya, diantaranya:

1.     Ubah perspektif; Jangan beranggapan bahwa menemukan passion itu sulit. Mengutip The Muse, jika pikiranmu seperti itu, otomatis Anda  telah menutup gerbang untuk mencari passion. Cobalah berkumpul dengan orang-orang yang mempunyai semangat yang tinggi. Kelilingi dirimu dengan hal-hal yang positif. Dengan begitu, akan menemukan energi tersendiri untuk mulai mencari passion yang ada dalam diri.

2.     Perhatikan topik pembicaraan yang Anda sukai; Kira-kira, saat berkomunikasi dengan orang, apa topik pembicaraan yang Anda  sukai? Apakah itu tentang sepak bola, musik, atau film? Jika Anda  merasa nyaman saat membicarakan topik tertentu, bisa jadi itu adalah salah satu passion yang ada dalam dirimu. Apabila Anda  benar-benar suka topik tersebut, biasanya dirimu cenderung suka mengajarkannya kepada orang lain secara sukarela.

3.     Kenali kekuatanmu; Mengenali kekuatan di dalam diri sendiri akan membantumu untuk menemukan jalur karier yang tepat. Ketahui apa saja hard skill dan soft skill yang Anda  kuasai saat ini. Jika sudah begitu, tidak sulit bagimu untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion.

4.     Tanya kepada orang-orang terdekat; Tidak ada salahnya untuk melibatkan orang-orang terdekat dalam perjalanan menemukan passion. Tanyakan kepada mereka, kira-kira apa yang terlihat spesial dari dirimu di mata mereka. Jawaban mereka dapat menjadi pertimbanganmu dalam menemukan pekerjaan.

Itu dia penjelasan mengenai pentingnya passion work beserta cara menemukannya. Meski penting dalam karier, Anda  tidak perlu berkecil hati ketika saat ini bekerja tidak sesuai passion. Cukup maksimalkan apa yang Anda  kerjakan saat ini, nantinya itu akan sangat membantumu untuk menemukan jenjang karier ke depannya.

Walaahu A'lam Bishowab.

Penulis:

Ahmad Rusdiana, Pegiat Rumah Baca Tresna Bhkkti, Penulis buku: Manajemen Pengembngan Human Capital; Pengembangan Orgasisasi Lembaga Pendidikan. Kewirausahaan Teori dan Praktek; Manajemen Kewirausahaan Pendidikan; Pengembangan Perencanaan Pendidikan; Manajemen SDM Pendidikan. .Guru Besar Manajemen Pendidikan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pendidik, Peneliti, dan Pengabdi; Pendiri dan Pembina Yayasan Sosial Dana Pendidikan Al-Misbah Cipadung-Bandung yang mengembangkan pendidikan Diniah, RA, MI, dan MTs, sejak tahun 1984, serta garapan khusus Bina Desa, melalui Yayasan Pengembangan Swadaya Masyarakat Tresna Bhakti, yang didirikannya sejak tahun 1994 dan sekaligus sebagai Pendiri Yayasan, kegiatannya pembinaan dan pengembangan asrama mahasiswa pada setiap tahunnya tidak kurang dari 70 mahasiswa di Asrama Tresna Bhakti Cibiru Bandung. Membina dan mengembangkan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) TK-TPA-Paket A-B-C. Pegiat Rumah Baca Tresna Bhakti sejak tahun 2007 di Desa Cinyasag Kecamatan. Panawangan Kabupaten. Ciamis Jawa Barat. Karya Lengkap sd. Tahun 2022 dapat di akses melalui: (1) http://digilib.uinsgd.ac.id/view/creators. (2) https://www.google.com/search? q=buku+a.rusdiana+shopee&source (3) https://play. google.com/store/books/author?id.

 

 

Tag:
Nalar Lainnya
...
Dadan Supardan

Semangat Revitalisasi di Mata Angkie

Nalar Lainnya
...
ENDANG KOMARA

INDEPENDENSI ASN

...
Asep S. Muhtadi

Komunikasi Pembelajaran di Masa Pandemi

...
Prof. Dr Cecep Darmawan, S.Pd., S.IP., S.H.,M.H.,M.Si.

EKSISTING DAN PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DI JAWA BARAT

...
...
...