SUDAHKAH KITA MEMILIKI PASSION DALAM HIDUP?

Penulis: Ahmad Rusdiana

Dibaca: 204 kali

Ahmad Rusdiana

Oleh Ahmad Rusdiana

 

Memang hidup ini keras, hidup ini sulit, jika kita tidak memiliki pendidikan yang tinggi atau tidak memiliki passion dalam diri kita semua ini akan menjadi berat bagi kita, pendidikan yang tinggi saja tidak cukup, namun kita harus memiliki passion. Kalau sampai saat ini kita belum menemukan passion kita, itu bisa dianggap wajar. Sebab mencari passion itu sulit, tetapi mumpung masih muda segeralah cari dan temukan apa passion kita itu. Dan jika kalian sudah memiliki passion yang ada dalam diri kita segera lah asah terus menerus, karena memiliki suatu passion tanpa mengasahnya maka akan sia-sia. Yang jadi pertanyaan selanjutnya apa itu passion?

Secara harpiah Passion adalah gairah besar untuk melakukan sesuatu yang ia sukai/dianggap penting. Covey memakna'i passion adalah keinginan yang membara, keyakinan kuat serta dorongan yang dapat membuat seseorang menjadi disiplin untuk mencapai visinya.

Dalam ilmu psikologi, Vallerand, membagi passion kedalam dua tipe yaitu passion obsesi serta passion harmoni. Kedua tipe passion tersebut memiliki efek yang berbeda yang dapat berdampak pada seorang individu yang bersangkutan.

Tipe passion harmoni merupakan passion yang positif. Hal ini dikarenakan seorang individu dapat melakukan suatu hal karena senang, cinta dan seirama dengan hal-hal yang disukai akan suatu hal. Contohnya apabila Anda menjadikan hobi Anda sebagai pekerjaan atau sumber pendapatan. Passion harmoni membuat manusia lebih bahagia, karena dalam aktivitas sehari-hari tidak ada konflik antara aktivitas dengan nilai pribadi yang dianut. Sehingga langkah yang akan diambil menjadi terorganisir serta memiliki tujuan yang jelas.

Passion obsesi adalah faktor eksternal yang menjadi landasan dan dorongan dari aktivitas seseorang, contohnya mendapatkan gaji untuk dapat menafkahi keluarga. Berbeda dengan passion harmoni yang akan membuatnya bahagia, passion obsesi merupakan passion yang membuat seseorang terpaksa untuk menjalani suatu aktivitas, walaupun tidak sesuai dengan nilai pribadi. Sehingga efeknya akan membuat seseorang seperti robot atau kaku karena tidak memiliki kemampuan untuk mengontrol hasil akhir yang mungkin tidak sesuai dengan keinginannya.

Lantas, apa sajakah passion yang dimiliki oleh setiap individu? Pertula, berpendapat  bahwa passion merupakan kondisi psikologis yang dapat dicirikan dengan menghadirkan rasa emosi yang positif dan kuat, dorongan internal serta keterlibatan tinggi dengan suatu aktivitas yang dianggap oleh seorang individu bermakna. Untuk lebih jelasnya dapat mengetahui mengenai passion yang dimiliki oleh setiap individu sebagai berikut:

Pertama; Very Strong Feeling atau perasaan yang sangat kuat; Passion ini merupakan perasaan semangat yang luar biasa dan timbul saat seorang individu melakukan suatu hal. Contohnya seperti perasaan semangat ketika Anda mengikuti suatu perlombaan atau perasaan semangat ketika Anda melakukan suatu hal seperti mengerjakan hobi Anda.

Kedua; Intense Emotion atau emosi mendalam. Passion ini merupakan kondisi dari seorang individu yang berada dalam tingkat serius serta memiliki fokus berpikir yang tinggi. Apabila diibaratkan sebagai sebuah komputer, maka kondisi komputer sedang dalam penggunaan memori yang maksimum. Contohnya, seperti ketika Anda melihat seorang anak kecil yang fokus bermain dengan mainannya dan acuh terhadap panggilan orang terdekat. Hal tersebut dikarenakan anak kecil yang sedang bermain sangat fokus terhadap aktivitas yang ia mainkan, sehingga menganggap panggilan atau hal terjadi yang berada di luar aktivitas tersebut tidaklah penting dan ia acuhkan

Ketiga; Compelling Enthusiasm and Desire atau terpicunya antusiasme dan hasrat;  dikategoriakan pada beberapa hal: (1) Apabila Anda melakukan suatu aktivitas dan merasakan hasrat serta memicu rasa antusias yang tinggi dan memiliki harapan yang besar, maka bisa jadi aktivitas atu kegiatan tersebut merupakan passion Anda. (2) Apabila suatu kegiatan yang Anda lakukan membuat Anda antusias bahkan hingga lupa waktu serta terus menerus Anda bicarakan dan ketika mengerjakan hal tersebut membuat Anda merasa senang dan bahagia, maka itulah passion Anda. Contohnya, Anda senang membicarakan serta merawat mobil dari brand a hingga z Anda paham bagaimana perbedaannya, kelebihan serta kekurangannya hingga terus menerus Anda bahas. Kemungkinan Anda memiliki passion dalam mengenal mobil maupun otomotif. Apabila Anda memiliki antusiasme yang tinggi terhadap otomotif, itulah passion Anda berkaitan dengan otomotif maupun mobil.

Thesman&Ardianti, membedakan ciri orang yang memiliki passion dengan orang yang tidak memiliki passion ketiga ciri yang membedakan sebagai berikut: (1) memiliki ambisi untuk menciptakan suatu hal yang penting serta berarti dalam hidup seseorang; (2) orang yang memiliki passion, memiliki kecintaan terhadap bidang-bidang usaha yang ia geluti; (3) memiliki energi maupun daya untuk mewujudkan idenya.

Dengan demikian passion memiliki makana bahwa suatu hal yang dikerjakan dengan ikhlas tanpa paksaan serta suatu bentuk panggilan dari alam bawah sadar seseorang. Pekerjaan atau aktivitas tertentu dilakukan secara terus menerus individu tidak merasa bosan dan tidak memikirkan untung serta ruginya.

Wallahu A'lam Bishowab

Penulis:

Ahmad Rusdiana, Pegiat Rumah Baca Tresna Bhkkti, Penulis buku Pengembangan Perencanaan Pendidikan; Manajemen SDM Pendidikan-.Guru Besar Manajemen Pendidikan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pendidik,  Peneliti, dan Pengabdi; Pendiri dan Pembina Yayasan Sosial Dana Pendidikan Al-Misbah Cipadung-Bandung yang mengembangkan pendidikan Diniah, RA, MI, dan MTs, sejak tahun 1984, serta garapan khusus Bina Desa, melalui Yayasan Pengembangan Swadaya Masyarakat Tresna Bhakti, yang didirikannya sejak tahun 1994 dan sekaligus sebagai Pendiri Yayasan, kegiatannya pembinaan dan pengembangan asrama mahasiswa pada setiap tahunnya tidak kurang dari 70 mahasiswa di Asrama Tresna Bhakti Cibiru Bandung. Membina dan mengembangkan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) TK-TPA-Paket A-B-C. Pegiat Rumah Baca Tresna Bhakti sejak tahun 2007 di Desa Cinyasag Kecamatan. Panawangan Kabupaten. Ciamis Jawa Barat. Karya Lengkap sd. Tahun 2022 dapat di akses melalui: (1) http://digilib.uinsgd.ac.id/view/creators. (2) https://www.google.com/search? q=buku+a.rusdiana+shopee&source (3) https://play. google.com/store/books/author?id.

 

Tag:
Nalar Lainnya
...
Dadan Supardan

Semangat Revitalisasi di Mata Angkie

Nalar Lainnya
...
ENDANG KOMARA

INDEPENDENSI ASN

...
Asep S. Muhtadi

Komunikasi Pembelajaran di Masa Pandemi

...
Prof. Dr Cecep Darmawan, S.Pd., S.IP., S.H.,M.H.,M.Si.

EKSISTING DAN PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DI JAWA BARAT

...
...
...