Silaturahmi MKKS SMA Kabupaten Ciamis dengan Kepala KCD XIII

Penulis: Rohmat Slamet

Dibaca: 198 kali

Silaturahmi MKKS SMA Kabupaten Ciamis dengan Kepala KCD XIII

Oleh Rohmat Slamet

 

Bertempat di SMA Negeri 1 Kawali Kabupaten Ciamis, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah               (MKKS) SMA Kabupaten Ciamis menyelenggarakan kegiatan silaturahmi dengan bapak Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XIII (KCD XIII ) yang baru, bapak H. Asep Suhendra, S.H., M.Si., Jumat 26 Maret 2022. Kegiatan ini merupakan kegiatan pertemuan resmi pertama antara bapak Kepala KCD yang baru dengan segenap anggota MKKS SMA (para kepala sekolah negeri dan swasta)  Kabupaten Ciamis. Bapak Kepala KCD XIII disertai oleh sejumlah pejabat di lingkungan kantor KCD Wilayah XIII, antara lain bapak Kasubbag Tata Usaha, bapak Totong, S.IP.,MM., bapak Kasie Pelayanan KCD Wilayah XIII, bapak Oma, S.Pd., M.M. serta bapak Koordinator Pengawas di wilayah kerja KCD XIII, bapak H. Tarsum Sumarna, M.Pd.

Sebelum acara silatuahmi, terlebih dahulu agenda kegiatan diawali oleh pemilihan Ketua MKKS SMA Kabupaten Ciamis. Agenda ini diambil untuk melengkapi kepengurusan MKKS yang tidak memiliki ketua setelah ketua yang lama (alm.) bapak Ohan, S.Pd., S.IP. M.M., meninggal dunia satu minggu yang lalu. Dikarenakan dalam sebuah organisasi keberadaan ketua sangat penting, maka dilaksanakanlah pemilihan ketua yang baru serta pengukuhan oleh anggota atas kepengurusan MKKS yang sudah ada.

Dari hasil pemilihan secara aklamasi tersebut, terpilih bapak Drs. Dikdik Kusmana, M.Pd., Kepala SMA Negeri 1 Cihaurbeuti sebagai ketua. Selanjutnya, wakil ketua satu ditetapkan bapak Beben Hemara, S.Pd., kepala SMA Negeri 1 Kawali, dan wakil ketua dua bapak Drs. H. Asep Dhana Kusyaman, M.Pd., kepala SMA Informatika. Sebagai sekretaris satu terpilih bapak Drs. H. Suarman Guntara, M.Pd., kepala SMA Negeri 1 Ciamis dan sekretaris dua, bapak Edi Mulyadi, S.Pd., M.Pd., kepala SMA Negeri 1 Sindangkasih. Untuk koordinator urusan SMA negeri bapak H. Dede Hidayat, M.M., Kepala SMA Negeri 1 Banjarsari dan untuk koordinator SMA swatsa bapak Abdul Roji, M.Pd., Kepala SMA Plus Darussalam.

Sebelum memberikan sambutan pada acara ini, bapak Kepala KCD Wilayah XIII menyampaikan riwayat tour of duty beliau selama menjadi aparatur negara. Secara keseluruhan, dalam riwayat pekerjaan beliau, beliau hampir belum pernah bersentuhan secara langsung dengan bidang pendidikan. Hampir sebagian besar karier beliau diabdikan di kantor di luar bidang pendidikan, antara lain di Bapeda, Dinas Sosial dan Kantor Bersama atau kantor Samsat (Sistem Administrasi Manunggal di bawah Satu Atap).

Dalam sambutan sekaligus arahannya, bapak Kepala KCD Wilayah XIII menginginkan serta mengharapkan adanya kolaborasi bersama antara kantor KCD Wilayah XIII dengan para Kepala Sekolah, Guru serta pihak lain yang terkait dalam bindang pendidikan. Beliau membuka pintu yang selebar-lebarnya bagi siapa saja yang memiliki kepentingan dalam bidang pendidikan serta yang ingin berdiskusi tentang pendidikan demi kemajuan.

Dalam hal kinerja, beliau juga mengharapkan dukungan dari semua pihak agar KCD Wilayah XIII bisa lebih meningkatkan prestasi dan kinerja ke arah yang lebih baik. Beliau ingin menghapus ‘mitos’ tentang angka 13 yang tersemat pada kantor KCD Wilayah XIII. Beliau ingin mengubah mindset atau anggapan yang kadung tersemat dalam angka 13 sebagai angka ‘sial’ menjadi angka keberuntungan bahkan angka istimewa dengan karya nyata semua sehingga KCD Wilayah XIII dapat menjadi yang terdepan.

Pada kesempatan ini pula, beliau mengusung moto juang KCD XIII: ngabreeett…gasskeun…!! Atau kalau disinonimkan, ngabret berarti berlari kencang sesuai tujuan yang ingin dicapai serta gaskeun berarti tancap gas jangan kendor.

Moto juang ini diharapkan menjadikan motivasi bagi semua pihak yang terlibat dalam bidang pendidikan sehingga harapan yang diidamkan untuk memajukan bidang pendidikan dapat terwujud. Tentu saja dalam hal ini beliau meminta dukungan nyata dari semua pihak agar harapan ini tidak hanya menjadi keinginan beliau saja tetapi merupakan keinginan kolektif bersama.

Dalam acara silaturahmi ini, hadir seluruh kepala sekolah SMA yang ada di kabupaten Ciamis, baik negeri maupun swasta. Dengan kekompakan kehadiran para kepala sekolah ini, diharapkan akan terjalin sinergitas yang lebih kokoh demi KCD Wilayah XIII yang ngabreeett…

 

Tag:
Nalar Lainnya
...
Dadan Supardan

Semangat Revitalisasi di Mata Angkie

Nalar Lainnya
...
ENDANG KOMARA

INDEPENDENSI ASN

...
Asep S. Muhtadi

Komunikasi Pembelajaran di Masa Pandemi

...
Prof. Dr Cecep Darmawan, S.Pd., S.IP., S.H.,M.H.,M.Si.

EKSISTING DAN PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DI JAWA BARAT

...
...
...