MEMBANGUN TIM SUKSES DENGAN MODEL LA-FASTO DAN LARSON: Peluang Alternatif Menuju Keunggulan Kompetetitif di Era penuh tantangan dan ketidakpastian

Penulis Ahmad Rusdiana

Dibaca: 111 kali

Ahmad Rusdiana

Oleh Ahmad Rusdiana

 

 

Ketika berbicara tentang kemenangan dan kekalahan dalam sebuah tim, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Pertama-tama, penting untuk diingat bahwa tujuan utama dari sebuah tim adalah untuk mencapai tujuan yang ditetapkan bersama. Jadi, jika tim berhasil mencapai tujuan ini, dapat dianggap sebagai kemenangan, meskipun mungkin ada beberapa tantangan yang harus diatasi dalam prosesnya. Namun, jika tim gagal mencapai tujuan tersebut, dapat dianggap sebagai kekalahan. Kegagalan ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya koordinasi atau kerjasama, kurangnya keterampilan atau kemampuan, atau masalah dalam lingkungan kerja atau organisasi.


Pertanyaannya Bagaimana untuk Agar Tim selalu unggul?  Berawal dari penelitian LaFasto dan Larson pada tahun 2001 yang dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa meskipun tim sering digunakan di berbagai organisasi, tidak semua tim dapat mencapai hasil yang diharapkan. Bahkan, banyak tim yang gagal mencapai tujuan mereka atau bahkan mengalami kegagalan yang signifikan.


Karena alasan ini, LaFasto dan Larson ingin memahami faktor-faktor apa yang membuat beberapa tim lebih sukses daripada yang lain. Melalui penelitian mereka terhadap 50 tim di berbagai organisasi, mereka ingin mengidentifikasi elemen-elemen kunci yang harus ada dalam setiap tim yang ingin mencapai hasil yang optimal.  Hasil penelitian mereka selesai, LaFasto dan Larson diterbitkan dalam sebuah buku berjudul "When Teams Work Best" pada tahun 2001. Buku ini menjelaskan model "Five Elements of High-Performing Teams" secara rinci dan memberikan panduan praktis tentang cara mengimple-mentasikannya dalam organisasi.  tampak pada gambar betikut:

Gambar: Model "Five Elements of High-Performing Teams"

Sumber: LaFasto dan Larson 2021

Gambar di atas menunjukkan kelima elemen ini saling terkait dan saling mempengaruhi dalam membentuk tim yang efektif dan sukses.

1.     Team Member Pemilihan anggota tim yang tepat dan sesuai merupakan langkah awal dalam membangun tim sukses. Setiap anggota tim harus memiliki keterampilan dan pengalaman yang sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang dihadapi. Selain itu, mempertimbangkan kemampuan interpersonal dan kemampuan kerja sama juga penting dalam memilih anggota tim yang tepat. Tim yang memiliki anggota yang tepat dan terlatih akan lebih mudah mencapai tujuan bersama.

2.     Team Relationship Setelah anggota tim dipilih, penting untuk membangun hubungan yang saling menghargai dan komunikasi yang baik. Tim yang memiliki hubungan yang kuat dan saling mendukung dapat bekerja lebih efektif dan mencapai tujuan bersama dengan lebih mudah. Meningkatkan kerja sama dan komunikasi di antara anggota tim juga dapat membantu untuk mengurangi konflik dan meningkatkan kinerja tim secara keseluruhan.

3.     Team Problem Solving Setiap tim pasti akan menghadapi masalah atau tantangan dalam pekerjaan. Oleh karena itu, kemampuan dalam menyelesaikan masalah menjadi sangat penting dalam membangun tim sukses. Anggota tim yang memiliki kemampuan problem-solving yang baik dapat mengatasi masalah dengan cepat dan efektif, tanpa mengganggu emosi atau hubungan kerja dalam tim.

4.     Team Leadership Seorang pemimpin yang tepat dapat memimpin tim ke arah yang benar dan membantu memaksimalkan potensi individu dalam tim. Seorang pemimpin harus dapat memahami kebutuhan dan kekuatan masing-masing anggota tim dan memastikan bahwa semua orang bekerja secara efektif dan efisien. Pemimpin yang efektif juga mendorong tim untuk mencapai tujuan bersama dan menciptakan lingkungan kerja yang positif dan produktif.

5.     Organization Environment Lingkungan organisasi dan dukungan dari luar perusahaan dapat berpengaruh pada performa tim. Organisasi harus menyediakan sumber daya dan fasilitas yang diperlukan untuk memungkinkan tim bekerja secara efektif. Selain itu, dukungan dari manajemen dan pengakuan atas prestasi tim juga dapat membantu meningkatkan motivasi dan kinerja tim.

Begitu pula dalam era penuh tantangan dan ketidakpastian, membangun tim sukses menjadi semakin penting untuk mencapai keunggulan kompetitif. Model LaFasto dan Larson menyediakan lima prinsip utama untuk membangun tim sukses. Selain itu, kelima elemen dalam membangun tim sukses, yaitu team member, team relationship, team problem solving, team leadership, dan organization environment, juga penting untuk dipertimbangkan. Disinilah LaFasto sangat menekankan pada peran pentingnya manusia sebagai modal dasar dalm ognasisasi. 

Pantas saja Rasulullah telah memberikan pelajaran pada umatnya bahwa "Sebaik-baik Manusia’ adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain. Rasulullah SAW bersabda:  “Dan sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya.” (HR. Al-Qadlaa’iy dalam Musnad Asy-Syihaab no. 129, Ath-Thabaraaniy dalam Al-Ausath no. 5787).

Bisa jadi kita bukan orang yang berpengaruh. Bisa jadi kita berpendidikan rendah, berekonomi lemah dan tak banyak pengikut serta pengaruh. Namun, ketika kita bisa memberi banyak manfaat bagi orang lain, maka Insya Allah kita termasuk dalam kelompok sebaik-baik manusia seperti dijelaskan dalam hadis di atas.

 

Wallahu A'lam Bsowab.

Penulis:

Ahmad Rusdiana, Pegiat Rumah Baca Tresna Bhakti, Pengampu mata kuliah manajemen Kewirausahaan pendidikan; Penulis buku: Kewirausahaan Teori dan Praktek; Manajemen. Manajemen Kewirausahaan Pendidikan; Guru Besar Manajemen Pendidikan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pendidik, Peneliti, dan Pengabdi; Pendiri dan Pembina Yayasan Sosial Dana Pendidikan Al Misbah Cipadung Bandung yang mengembangkan pendidikan Diniah, RA, MI, dan MTs, sejak tahun 1984, serta garapan khusus Bina Desa, melalui Yayasan Pengembangan Swadaya Masyarakat Tresna Bhakti, yang didirikannya sejak tahun 1994 dan sekaligus sebagai Pendiri Yayasan, kegiatannya pembinaan dan pengembangan asrama mahasiswa pada setiap tahunnya tidak kurang dari 70 mahasiswa di Asrama Tresna Bhakti Cibiru Bandung. Membina dan mengembangkan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) TK TPA Paket A B C. Rumah Baca Tresna Bhakti sejak tahun 2007 di Desa Cinyasag Kec.n. Panawangan Kab.Ciamis Jabar. Karya lengkap dapat diakses melalui: https:(1)//a.rusdiana.id(2)http://tresnabhakti.org/webprofil

(3)http://digilib.uinsgd.ac.id/view/creators (4) https://www.google.com/search?q=buku+ a.rusdiana +shopee&source (5) https://play.google.com/store/books/author?id.

 

 

Tag:
Nalar Lainnya
...
Dadan Supardan

Semangat Revitalisasi di Mata Angkie

Nalar Lainnya
...
ENDANG KOMARA

INDEPENDENSI ASN

...
Asep S. Muhtadi

Komunikasi Pembelajaran di Masa Pandemi

...
Prof. Dr Cecep Darmawan, S.Pd., S.IP., S.H.,M.H.,M.Si.

EKSISTING DAN PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DI JAWA BARAT

...
...
...