Bagaimana Cara Membangun Passion dalam Diri Sendiri?

Penulis: Ahmad Rusdiana

Dibaca: 159 kali

Ahmad Rusdiana

Oleh Ahmad Rusdiana

 

Menjadi pribadi yang semangat dan bergairah dalam melakukan sesuatu adalah hal yang di idam-idamkan sebagian besar orang karena dengan semangat serta gairah membuat setiap hal yang kita lakukan dan hari-hari yang kita lewati menjadi lebih berwarna. Semua orang tanpa terkecuali pasti memiliki sisi lain dalam diri mereka yang tidak bisa selalu ditunjukkan ke khalayak umum terutama yang berkaitan dengan passion dalam diri mereka. Passion atau gairah hidup yang tertanam dalam diri sebagian orang tampaknya tidak selalu bisa ditampakkan ke permukaan karena satu dan lain hal mereka memutuskan memendamnya sendiri walaupun passion itu bisa jadi adalah hal yang sangat mereka suka dan minati. Beberapa faktor seperti tuntutan pekerjaan, ekonomi, kepribadian, atau bahkan keadaan fisik menjadi beberapa hal yang menghambat sebagian orang untuk menutup passion mereka dalam-dalam. Namun, seperti yang kita ketahui kesempatan itu selalu ada dan bisa datang kapan saja tidak terkecuali untuk membangkitkan passion yang ada di dalam diri kita entah itu passion dalam hobi, pekerjaan impian, ataupun cita-cita yang selama ini belum terwujudkan.

Selain hal tersebut di atas ada beberapa cara lain untuk membangunkan passion dalam diri Anda yaitu:

Pertama; Tanyakan pada diri sendiri; Cara pertama adalah dengan bertanya pada diri sendiri; apakah Anda menyukai sesuatu  Pikirkan tentang kegiatan apa  yang Anda lakukan dan apa yang benar-benar Anda sukai. Anda telah melakukannya untuk waktu yang lama. Mungkin  sejak kecil. Anda melakukannya sepanjang waktu dan Anda menyukai aktivitas tersebut.

Kedua; Cari tahu tentang topik yang menarik minat Anda dengan menghabiskan waktu membaca; Secara umum, orang yang menyukai sesuatu  sering kali mengetahui apa yang disukainya. Ada banyak cara untuk mendapatkan informasi, salah satunya adalah dengan membaca. Coba perhatikan, selama ini Anda sering membaca  topik mana. Tren topik menjadi pintu untuk menemukan apa gairah sejati Anda.

Ketiga Brainstorming; Tidak apa-apa jika Anda tidak bisa membayangkan apa-apa. Anda benar-benar tidak tahu apa yang telah Anda lakukan selama ini. Mungkin Anda perlu melakukan brainstorming. Triknya adalah mengeluarkan selembar kertas dan mulai menuliskan ide-ide. Tulis apa yang terlintas di pikiran. Jika perlu lihat sekeliling rumah. Tulis pengamatan Anda. Segala sesuatu  yang terlintas dalam pikiran dan ditulis di atas kertas menjadi bahan evaluasi Anda sendiri.

Keempat. Bertanya tentang; Meminta pendapat orang lain  tidak masalah. Anda bisa menanyakan tentang passion Anda kepada orang-orang yang Anda percayai sampai saat ini. mendiskusikan Cari tahu bagaimana orang lain menemukan passion mereka. Apa  yang mereka lakukan? Meminta orang lain memberi Anda bahan untuk berpikir. Sebenarnya, ada banyak kemungkinan.

Kelima Jangan Berhenti Bekerja Dulu; Cara ini terutama untuk mereka yang sudah bekerja. Jadi jika Anda sudah bekerja tetapi tidak tahu passion Anda, jangan terburu-buru untuk pergi. Sungguh tidak menyenangkan bekerja tanpa gairah, tetapi keputusan untuk meninggalkan pekerjaan yang dilakukan tanpa gairah harus dipertimbangkan dengan hati-hati. Jika Anda memutuskan untuk keluar, persiapkan dengan baik.

Keenam Cobalah dulu; Sebelum Anda memutuskan untuk mengejar passion Anda, lakukan eksperimen terlebih dahulu. Misalnya, Anda bekerja, tetapi tanpa gairah. Kemudian Anda berpikir bahwa hasrat Anda tidak ada dalam pekerjaan ini dan Anda tertarik pada tugas lain yang sesuai dengan hasrat Anda. Anda bisa mencoba pekerjaan yang sesuai dengan passion Anda dengan  mengambil  pekerjaan sampingan.

Metode ini digunakan untuk menentukan apakah pekerjaan tersebut benar-benar suatu bidang yang menarik atau tidak. Apakah ini benar-benar gairah Anda?

Ketujuh Lakukan banyak penelitian, Anda perlu melakukan banyak penelitian; Pilihan selanjutnya adalah melakukan penelitian sebanyak mungkin. Melalui penelitian, Anda bisa mendapatkan informasi lengkap tentang apa yang Anda minati. Penelitian dapat dilakukan semudah mencari informasi di buku, internet, majalah dan media. Selain itu, Anda dapat bereksplorasi melalui pertanyaan dan diskusi.

Kedalepan Berlatih, berlatih, dan berlatih lagi'; Teruslah berlatih sampai Anda menemukan passion Anda. Mungkin menemukan gairah Anda sulit, tapi tidak apa-apa. Tetap semangat dan  berlatih, ya.

Kesembilan Jangan berhenti; Ketika kamu belum bisa menemukan passion dalam dirimu juga pasti melelahkan. Namun, teruslah berusaha dan jika kamu masih belum tahu passion kamu. Istirahat sejenak jika perlu. Istirahatlah, tapi jangan berhenti berusaha.

Kesembilan cara

embangun pada dasarnya untuk mencapai keberhasilan bukan hanya tentang prestasi yang dapat dibanggakan tetapi juga tentang bagaimana kita menguasai diri sendiri. Karena kebahagiaan diri sendiri itu merupakan hal yang utama dan sesekali mengedepankan diri sendiri bukanlah hal yang egois, melainkan kita berhak untuk mendapatkan itu. Cobalah untuk selalu menghargai hal yang sudah kita lalui dan setiap pencapaian yang kita dapatkan sekecil atau sebesar apapun itu. Bersyukur atas nikmat-Nya yang telah kita dapatkan sampai hari ini. Percayalah ketika kita banyak bersyukur atas nikmat yang kita dapatkan maka Allah akan menambah nikmat yang berlimpah.

Wallahu A'lam Bishowab.

Penulis:

Ahmad Rusdiana, Pegiat Rumah Baca Tresna Bhkkti, Penulis buku Pengembangan Perencanaan Pendidikan; Manajemen SDM Pendidikan-.Guru Besar Manajemen Pendidikan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pendidik,  Peneliti, dan Pengabdi; Pendiri dan Pembina Yayasan Sosial Dana Pendidikan Al-Misbah Cipadung-Bandung yang mengembangkan pendidikan Diniah, RA, MI, dan MTs, sejak tahun 1984, serta garapan khusus Bina Desa, melalui Yayasan Pengembangan Swadaya Masyarakat Tresna Bhakti, yang didirikannya sejak tahun 1994 dan sekaligus sebagai Pendiri Yayasan, kegiatannya pembinaan dan pengembangan asrama mahasiswa pada setiap tahunnya tidak kurang dari 70 mahasiswa di Asrama Tresna Bhakti Cibiru Bandung. Membina dan mengembangkan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) TK-TPA-Paket A-B-C. Pegiat Rumah Baca Tresna Bhakti sejak tahun 2007 di Desa Cinyasag Kecamatan. Panawangan Kabupaten. Ciamis Jawa Barat. Karya Lengkap sd. Tahun 2022 dapat di akses melalui: (1) http://digilib.uinsgd.ac.id/view/creators. (2) https://www.google.com/search? q=buku+a.rusdiana+shopee&source (3) https://play. google.com/store/books/author?id.

 

Tag:
Nalar Lainnya
...
Dadan Supardan

Semangat Revitalisasi di Mata Angkie

Nalar Lainnya
...
ENDANG KOMARA

INDEPENDENSI ASN

...
Asep S. Muhtadi

Komunikasi Pembelajaran di Masa Pandemi

...
Prof. Dr Cecep Darmawan, S.Pd., S.IP., S.H.,M.H.,M.Si.

EKSISTING DAN PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DI JAWA BARAT

...
...
...